Langkah Memperbaiki Diri 3: Tanamkan Sifat-sifat Kebaikan – Ustadz Mubarok Bamualim, Lc., M.H.I.

Langkah ketiga untuk memperbaiki diri adalah dengan menanamkan sifat-sifat kebaikan, misalnya kejujuran, rendah hati, tawadhu, bersegera melaksanakan kewajiban dan sebagainya. Kemudian hal yang tidak boleh dilewatkan adalah menuntut ilmu agama sesuai Al Quran dan as sunnah sesuai pemahaman para sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam.

Kesempurnaan yang mutlak hanya milik Allah subhanahu wa ta’ala, dan kemaksuman (terpelihara dari dosa) hanya dimiliki oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Adapun diri kita tidaklah lebih dari seorang manusia yang diliputi beragam kekurangan, baik dari sisi ilmu maupun amal. Kelemahan dalam dua sisi ini atau salah satunya, menjadi faktor utama terjadinya ketergelinciran ketika menapaki kehidupan.

Namun, hendaklah tidak dipahami bahwa seseorang baru dikatakan baik jika dia tidak mempunyai kesalahan. Sebab, hal ini mustahil. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

كُلُّ ابْنِ آدَمَ خَطَّاءٌ وَخَيْرُ الْخَطَّائِيْنَ التَّوَّابُونَ

“Setiap anak Adam (manusia) banyak melakukan kesalahan, dan sebaik-baik orang yang berbuat salah adalah yang (mau) bertobat.” (HR. at-Tirmidzi dari sahabat Anas bin Malik radhiallahu anhu, dinyatakan hasan oleh Syaikh al-Albani dalam Shahih Sunan at-Tirmidzi, no. 2499, cet. al-Ma’arif)

Dosa dan kesalahan adalah sesuatu yang pasti dilakukan oleh manusia. Akan tetapi, yang tercela ialah ketika seseorang menunda untuk memperbaiki diri atau bahkan tidak mau menyadari kekurangannya.

Pada video serial langkah-langkah memperbaiki diri sebelumnya, Ustadz Mubarok Bamualim hafizhahullah telah menjelaskan langkah kedua dalam memperbaiki diri yaitu dengan memperbaiki hati, adapaun langkah selanjutnya adalah hedaknya kita menanamkan sifat-sifat kebaikan pada diri kita. Yuk langsung saja simak penjelasan selengkapnya dalam video berikut.

#memperbaikidiri​ #muhasabahdiri​ #yufidtv​

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_c…​
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/​
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/​
Telegram: https://telegram.me/yufidtv​
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv​
*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com​
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BNI SYARIAH
0381.346.658
a.n. YUFID NETWORK YAYASAN

BANK SYARIAH MANDIRI
7086.882.242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK

Paypal: [email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se