Details

Materi: Bahaya Ghuluw (Berlebihan) dalam Beragama (Bagian 4)
Pembicara: Ustadz mubarak Bamualim, Lc., M.HI.

Berlebih-lebihan dalam segala hal tentu tak membawa manfaat apa pun. Demikian juga dengan berlebih-lebihan (ghuluw) dalam menjalankan agama ini. Meski dilandasi dengan niat yang baik sekalipun, sikap ghuluw tak lain hanya akan membawa kita menuju kesesatan.

Sikap berlebih-lebihan (ghuluw) merupakan perbuatan yang dibenci agama dan menjadi salah satu ciri agama jahiliah dan merupakan asas kesesatan orang-orang Nasrani. Oleh karena itu, Allah menerangkan kebencian-Nya terhadap perbuatan ghuluw di dua tempat di dalam Al-Qur’an, agar umat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak terjatuh dalam perbuatan tersebut, utamanya dalam menyikapi diri beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam. Begitu juga Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam banyak kesempatan dengan tegas mengingatkan umatnya dari hal tersebut, di antaranya sabda beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam,
إِيَّاكُمْ وَالْغُلُوَّ فِي الدِّيْنِ
Berhati-hatilah kalian dari sifat berlebih-lebihan di dalam agama.” (HR. Ahmad, at-Tirmidzi, an-Nasai, dan lainnya dari sahabat Abdullah bin ‘Abbas). Apakah sebenarnya ghuluw itu? Bagaimanakah dampak negatifnya dalam kehidupan? Silakan saksikan erial video berikut ini, semoga bermanfaat.

YUFID TV

http://yufid.tv

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*