Umdatul Ahkam, Eps.262 Hadits ke-307 (Menikah dalam Islam) – Ustadz Aris Munandar

Sobat Yufid.TV sudahkah kamu menikah? atau sudahkah anak-anak kita menikah? Sebagai seorang muslim, hendaknya kita menikah. Dan sebagai orang tua hendaknya memotivasi anaknya yang sudah siap menikah untuk segera menikah.

Menikah dalam Islam merupakan syariat yang mulia, syariat yang terwarisi dari Nabi dan Rasul sebelumnya. Perintah menikah ini sebagai anjuran sekaligus obat bagi mereka yang telah laik menikah. Dan memandang tujuan pernikahan dalam Islam, membuat seorang muslim yakin bahwa Islam itu indah sesuai dengan fitrah manusia. Laki-laki dan perempuan hidup bersama dalam satu atap bernama pernikahan untuk mewujudkan keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah. Menikah mudah bukan halangan, menikah adalah suatu yang urgen bagi mereka yang berkategori wajib menikah, jika tidak, maka dikhawatirkan ia terjatuh ke dalam maksiat. Menikah itu ibadah, lalu mengapa mesti ditunda?

Melihat syarat menikah, syarat pernikahan dalam Islam tidak serumit yang dibayangkan, yang membuat sulit adalah pelakunya sendiri (bisa dari calon mempelai pria dan sebaliknya). Tujuan menikah untuk memperbanyak jumlah umat Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Tujuan pernikahan sangat mulia sekali. Dan pada bab ini, belum sampai pada contoh kata cerai dalam Islam dan lebih menyoal perihal hasungan untuk bersegera menikah. Sedangkan tata cara perceraian dalam Islam belum pas untuk disampaikan di sini. Perlu untuk diketahui mengenal mahram nikah itu penting, agar jangan sampai kita menikahi mahram sendiri. Banyak kasus terjadi karena banyak yang buta fiqihnya. Pertanyaan seperti, mertua tiri apakah mahram? dan lain sebagainya. Mahram dalam Islam diatur agar tercipta hubungan yang harmonis antar sesama manusia. Mahram adalah hubungan yang terjadi karena pernikahan dan sepersusuan.

Adanya mahram bagi perempuan untuk melindungi mereka, dan perkara mahram bagi wanita sudah dikenal sejak lama. Tentunya Anda pernah membaca skema mahram dalam pelajaran nikah. Adapun mahram bagi lelaki adalah saudara kandung dari bapak atau ibunya lalu ke atas seperti kakek nenek. Mahram dalam pernikahan bisa menjadi pengganti ayah (baca: menjadi wali) bila ia telah tiada dalam sebuah pernikahan. Inilah penjelasan ringkas seputar macam macam hukum nikah dan bahasan menarik lainnya. Terkait menikah dengan sepupu dapat Anda simak dalam video kami lainnya. Mari kita simak bersama penjelasan dari Ustadz Aris Munandar hafizahullah.

#menikah #nikahdalamislam #tujuanmenikah

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_c…
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv
*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BNI SYARIAH
0381.346.658
a.n. YUFID NETWORK YAYASAN

BANK SYARIAH MANDIRI
7086.882.242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK

Paypal: [email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se