Ngaji Asmaul Husna: Buah Manis Mengimani Nama Allah Al-Mubin – Ustadz Abdullah Zaen, Lc., MA

Kajian tentang Asmaul Husna kali ini akan membahas makna dan manfaat mengimani nama Allah Al-Mubin. Allah subhanahu wata’alaa memiliki asmaul husna, di antaranya yaitu Al-Mubin. Makna nama Allah Al-Mubin yaitu Maha Jelas dan Maha Menjelaskan. Apa manfaat mengimani nama Allah Al-Mubin?

Diantara buah mengimani nama Al Mubin:

  1. Semakin cinta kepada Allah

Kita akan semakin cinta kepada Allah karena kita bisa merasakan betapa besarnya kasih sayang Allah kepada kita.

Karena Allah telah menjelaskan apa yang seharusnya kita imani.
Melalui ayat-ayat kauniyah, ayat-ayat berupa alam semesta. Bahkan melalui diri kita sendiri.

Tidak hanya ayat kauniyah tapi juga Allah turunkan kitab-kitab suci dan para rosul untuk menjelaskan (ayat syariyah). Al Quran dan Hadits.

Para Rosul bertugas untuk mengenalkan Allah kepada kita. Nabi Muhammad telah menjelaskan bahwa kita hanya boleh menyembah Allah, takut hanya kepada Allah, berharap total hanya kepada Allah. Semua telah dijelaskan.

Nabi Muhammad menjelaskan kebaikan dan memotivasi kita, juga mengingatkan dari keburukan-keburukan.

  1. Tidak ada alasan untuk tidak beriman

Karena Allah sudah menjelaskan sejelas2nya melalui ayat-ayat kauniah dan syariyah. Allah juga membekali kita dengan akal dan fitrah.

Fitrah dijelaskan dalam al aroh 172:

Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): “Bukankah Aku ini Tuhanmu?” Mereka menjawab: “Betul (Engkau Tuhan kami), kami menjadi saksi”. (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: “Sesungguhnya kami (bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)”,

Alalh tidak hanya memberi akal dan fitrah untuk menjelaskan keberadaanNya. Tapi juga menurunkan al quran dan mengutus Rasu.

  1. Mukjizat jelasnya kandugan Al Quran

Karena Al Quran adalah perkataan Al Mubin. Sangat jelas kandungannya.