Apa yang terbayang di dalam benak kita ketika mendengar nama Quraisy? Mungkin yang tergambarkan adalah kaum yang jahat, kejam, anti Islam, dan pembuat kerusakan? Ternyata bayangan yang seperti itu tidak benar sepenuhnya. Sebab di antara orang-orang Quraisy banyak pula orang-orang yang sholeh. Bahkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pun termasuk keturunan Quraisy.

Suku Quraisy adalah salah satu suku di tanah arab. Mendengar nama suku atau bani Quraisy mungkin yang terngiang di dalam benak kita adalah orang-orang Quraisy yang selalu berusaha mengganggu dakwah Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Orang kafir Quraisy adalah kaum Quraisy menyembah berhala. Namun demikian, tidak semua orang Quraisy adalah orang jahat. Bahkan nabi Muhammad berasal dari suku Quraisy. Dan hal tersebut menjadi salah satu keistimewaan kaum Quraisy.

Silsilah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam yaitu Muhammad bin Abdillah bin Abdul Muthalib bin Hasyim bin Abdi Manaf bin Qushai bin Kilab bin Murrah bin Ka’ab bin Lua’i bin Ghalib bin Fihr bin Malik bin an-Nadhr bin Kinanah. Bagaimana sih asal usul kaum Quraisy? Suku Quraisy berasal dari bangsa atau bani Kinanah. Dan maksud nama Quraisy ada dua silang pendapat. Pendapat yang pertama menyebutkan bahwa nama asli Quraisy adalah an-Nadhr, putranya Kinanah [an-Nadhr bin Kinanah]. Sedangkan pendapat yang kedua menyebutkan bahwa Nama asli Quraisy adalah kakek Nabi yang bernama Fihr. Putrnya Malik bin an-Nadhr [Fihr bin Malik bin an-Nadhr bin Kinanah].

Bani Quraisy memiliki banyak keistimewaan. Nah, apa keistimewaan suku Quraisy? Di antara keistimewaan suku Quraisy adalah pemimpin itu dari Quraisy. Simak hadits tentang pemimpin harus dari suku Quraisy berikut ini.

Hadis dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu,

Kami pernah berada di salah satu rumah penduduk anshar. Lalu datanglah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan beliau berdiri dengan memegang kedua tiang pintu. Kemudian beliau bersabda,

الْأَئِمَّةُ مِنْ قُرَيْشٍ، وَلَهُمْ عَلَيْكُمْ حَقٌّ، وَلَكُمْ مِثْلُ ذَلِك

Pemimpin itu dari Quraisy. Mereka memiliki hak yang harus kalian tunaikan, kalian juga demikian… (HR. Ahmad 12900 dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).

wallahu a’lam.

Simak juga video- video kajian yufid tv dan ceramah singkat yufid tv bermanfaat lainnya dari chanel yufid tv youtube dan jangan lupa SUBSCRIBE agar memperoleh update video yufid tv terbaru. SHARE kepada keluarga, kerabat, saudara, dan kawan Anda agar makin banyak yang tahu tentang Islam. Jazaakumullahu khairan

#kaumQuraisy #sejarahQuraisy #YufidTV

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_c…
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net
Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451

Paypal: [email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se