Konsep Tawakkal yang Benar – Ustadz Abu Isa

Tawakal adalah menyerahkan sepenuhnya suatu urusan kepada Allah. Tawakal kepada Allah termasuk hal yang disyariatkan. Kali ini pemateri menyajikan buah tauhid dengan tema konsep Tawakal yang benar. Adakah kaitannya antara sabar dan tawakal? Atau seberapa mirip persamaan dari tawakal dan ikhtiar?

Sebelum jauh membahas, alangkah lebih baik jika menuju pengertian; tawakal itu apa? Tawakal dalam Islam merupakan akhlak mahmudah (terpuji). Bahkan perilaku tawakal menjadi acuan dalam menentukan contoh tawakal. Manfaat tawakal bagi kehidupan seorang muslim, tentu tidak asing lagi. Sebab, penyebutannnya terlalu sering diungkapkan di mimbar-mimbar Jum’at yang salah satu di antaranya; dalil tentang tawakal.

Bagaimanakah cara tawakal kepada Allah? Caranya bisa Anda ilmu terlebih dahulu tentang pengertian tawakal dan contohnya. Sisi lain pembahasan tawakal, ada yang namanya ikhtiar. Arti ikhtiar yang kita kenal ialah suatu bentuk usaha, hal ini sebagaimana ditunjukkan dalam hadits tentang ikhtiar.

Dan contoh sikap tawakal yang baik ialah seseorang mampu memadukan antara doa dan ikhtiarnya (atau doa tawakal nya); doa berserah diri kepada Allah …Laa haula wa la quwwata illa billah … Tentu Anda pernah menyimak kisah tawakal yang inspiratif, di mana di dalamnya terdapat isyarat berserah diri kepada Allah. Ikhtiar tak kenal lelah dan serahkan semuanya kepada Allah. Dengan demikian, kita mampu menyelami hikmah berserah diri secara sempurna. Jangan pernah lupakan doa!