Bersyukur adalah Jalan Kebahagiaan – Ustadz Dr. Firanda Andirja, M.A. – 5 Menit yang Menginspirasi

Kajian full: https://youtu.be/vv0kpACW1Do

Syukur adalah akhlaq yang mulia, yang muncul karena kecintaan dan keridho’an yang besar terhadap Sang Pemberi Nikmat. Syukur tidak akan mungkin bisa terwujud jika tidak diawali dengan keridho’an. Seseorang yang diberikan nikmat oleh Allah walaupun sedikit, tidak mungkin akan bersyukur kalau tidak ada keridho’an. Orang yang mendapatkan penghasilan yang sedikit, hasil panen yang minim atau pendapatan yang pas-pasan, tidak akan bisa bersyukur jika tidak ada keridho’an. Demikian pula orang yang diberi kelancaran rizki dan harta yang melimpah, akan terus merasa kurang dan tidak akan bersyukur jika tidak diiringi keridho’an.

Kaum muslimin yang kami muliakan, syukur yang sebenarnya tidaklah cukup hanya dengan mengucapkan “alhamdulillah”. Namun hendaknya seorang hamba bersyukur dengan hati, lisan dan anggota badannya. Sebagaimana yang dikatakan oleh Ibnu Qudamah rahimahullah, “Syukur (yang sebenarnya) adalah dengan hati, lisan dan anggota badan. (Minhajul Qosidin, hal. 305)

Dalam video 5 menit yang menginspirasi ini Ustadz Firanda Andirja Menjelaskan tentang bersyukur adalah jalan kebahagiaan yang berkaitan dengan rasa syukur, kata bersyukur, bersyukur kepada Allah, kata mutiara bersyukur, ucapan syukur, orang yang bersyukur, kata kata bersyukur kepada Allah, cara bersyukur kepada Allah, cara bersyukur, hadist bersyukur, bersyukur atas nikmat Allah, ucapan rasa syukur, bersyukur dalam Islam. Semoga dengan video 5 menit yang menginspirasi ini dapat menambah ilmu kita dan menambah rasa syukur kita kepada nikmat-nikmat yang telah Allah berikan, agar nikmat yang kita dapatkan di tambah oleh Allah.