Ilmu dan Akhlak yang Utama – Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A. – 5 Menit yang Menginspirasi

Adab menuntut ilmu yang senantiasa melekat pada penuntut ilmu ini disajikan dalam video yang ringkas yang bertema Ilmu dan Akhlak yang utama. Seorang yang bermajelis ilmu, maka tauhidnya semakin kuat, tapi ia jangan melalaikan bab akhlak. Ia harus bermuamalah lebih baik lagi, ia berbuat baik kepada istrinya, baik kepada tetangganya, dan seterusnya. Menuntut ilmu menjadikan seorang berubah perilakunya. Akhlak adalah sesuatu yang lebih berpengaruh dalam kehidupan bermasyarakat.

Milikilah akhlak yang baik terhadap Allah dan Rasul-Nya, lalu berakhlak kepada manusia. Akhlak kepada Allah termasuk akhlak tertinggi, hal ini disampaikan dalam fadhilah menuntut ilmu. Setelah ia mengamalkan ilmunya, maka ia istiqomah di atas hal tersebut. Istiqomah itu apa sih? Istiqamah dalam Islam, ia tetap pada suatu kebaikan dan mendawamkannya. Halang rintang dalam dakwah tidak menyurutkan langkah kita dalam mengejewantahkan akhlakul karimah. Akhlak yang luhur berupa akhlak terpuji dalam keteladanan pribadi.

Seorang yang berdakwah kepada Islam, ia dakwahkan akhlak dalam Islam ini, tak lupa ia sabar terhadap ketetapan yang menimpanya. Sabar dengan ujian Allah sebagaimana sabarnya ulul azmi. Sabar adalah pondasi yang kuat setelah berakhlak baik. Dalam ayat Al-Qur’an disebutkan bahwa pertolongan Allah diminta dengan sabar dan sholat. Yang demikian termasuk perwujudan dari sabar menghadapi cobaan. Halangan sebagai batu ujian bagi para hamba yang beriman, sabar menghadapi ujian, sudah barang tentu dilakukan. Kesabaran dalam Islam makin terasah saat seseorang membumikannya dalam dakwah, yakni dakwah dengan ilmu dan akhlak, niscaya adab yang baik akan memperindahnya.