Hukum Dzikir Allah Allah – Ustadz Maududi Abdullah, Lc.

Dzikir adalah amalan utama bagi seorang muslim dan muslimah. Kali ini yang dibahas ialah dzikir dengan lafdzul jalalah yakni lafadz Allah. Dan menjadi viral kejadiannya saat beberapa orang yang dianggap tokoh mempopulerkannya. Lalu muncullah pertanyaan: Dzikir Allah Allah bagaimana hukumnya? Seorang yang menghafal dzikir pagi maupun dzikir sore yang dikenal dengan dzikir petang. Ia tidak mendapati lafadz Allah Allah di dalam riwayat yang shahih. Dan hal ini juga tidak didapati dalam dzikir setelah sholat.

Tahukah Anda bahwa Nabi kita shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah dalam dzikir setelah sholat melafadzkan Allah Allah, beliau selalu mengiringinya dengan lafadz yang lain yang menunjukkan keagungan Allah. Taruhlah pada dzikir pagi dan petang saja tidak ada lafadz tersebut, maka apatah lagi dzikir harian? Dalam kaleidoskop yang dikumpulkan para ulama yang mengumpulkan dzikir asmaul husna, mereka tidak mempraktekkan hal ini. Mereka mengiringinya dengan lafadz yang lain, lafadz yang menunjukkan kesempurnaan. Contoh dalam dzikir tahlil, “Laa ilaaha illallah wahdahu laa syariikalah…” Jadi tidak hanya ucapan dzikir Allah saja. Atau dzikir yang berbunyi dzikir Allahu.

Dzikir ini, yakni dzikir Allah hu dikenal di sebagian thariqat, bahkan di antara mereka ada yang melafadzkan dzikir Allah 5000 kali? Coba bayangkanlah ribetnya hidup mereka yang melantunkan dzikir Allah Allah ini? Bagaimana mereka mengamalkan amalan yang tidak dicontohkan oleh Rasulullah? Dzikir apapun namanya; apakah dzikir Allah dalam hati haruslah sesuai dengan aturan. Dzikir yang berangkat dari hadits yang shahih. Oleh karena itu, mengenal cara dzikir yang benar akan menyelamatkan hidup seseorang. Benar menurut siapa? Dzikir yang benar menurut Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Jadi, di sini Ustadz Maududi Abdullah hafizahullah menjelaskan keutamaan dzikir secara umum, khususnya dzikir kepada Allah dan mengungkap tentang macam macam dzikir yang benar maupun yang salah. Terakhir, zikr itu ada petunjuknya.