Umdatul Ahkam, Eps.263 Hadits ke-308 (Hukum Nikah) – Ustadz Aris Munandar

Sahabat Yufid yang semoga dirahmati Allah, menikah merupakan sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihl wasallam. Oleh karena itu, hendaknya ketika seseorang sudah mampu supaya bersegera untuk menikah. Kalau memang sudah mampu untuk menikah, janganlah banyak alasan mengundur-undur pernikahan.

Hukum nikah bisa wajib atau sunnah tergantung kondisi tiap orang, antara orang yang satu dengan yang lainnya berbeda. Lalu bagaimana pula dengan hukum nikah siri yang marak tersebar di negeri ini? Para pemirsa hukum nikah menurut Islam diatur dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah. Jadi, sudah paten dan memberi manfaat bagi yang melangsungkannya. Menikah dalam Islam sebagai cerminan atas meneladani Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Nikah menurut Islam termasuk sunnah Rasul dan syariat Nikah ini mempunyai tujuan yang mulia … Nikah dalam Islam adalah dambaan bagi mereka yang mencari ketenangan batin. Sungguh, Allah Azza wa Jalla telah memerintahkan (perintah menikah) dalam beberapa ayat-Nya.

Tujuan pernikahan dalam Islam dalam rangka ittiba. Dan menikah muda itu pilihan, menikah adalah motivasi terbaik bagi mereka yang dilanda kegalauan. Menikah itu sakinah. Apabila Anda ingin menikah, alangkah baiknya untuk mempelajari syarat pernikahan dalam Islam itu seperti apa dan ia meluruskan niatnya (tujuan menikahnya karena untuk Allah semata). Tujuan pernikahan yang teramat mulia. Penting untuk dibahas pengertian mahram nikah. Apakah Anda tahu apa bedanya mahram dan muhrim? Ternyata keduanya berbeda arti dan banyak di antara kita yang salah kaprah dalam mengucapnya. Kehadiran mertua tiri apakah mahram, akan dibahas di sini atau dalam video selanjutnya. Silahkan untuk dikaji sajian yang disampaikan oleh Ustadz Aris Munandar hafizahullah membaca serial kitab rutin Umdatul Ahkam.

Pada video ini, Anda akan dikenalkan tentang larangan berlebihan dalam agama atau yang biasa disebut dengan ghuluw. Ghuluw artinya berlebih-lebihan dalam beragama. Siapa yang ghuluw maka ia akan dikalahkan oleh dirinya sendiri, halakal mutanathi’un (celaka orang yang berlebih-lebihan)! Sekali lagi, menikah itu indah, jadi jangan ditunda-tunda dan satu hal yang tak kalah penting bahwa nikah itu mudah. Sepakat?

#nikah #nikahmuda #hukumnikah

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_c…
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv
*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BNI SYARIAH
0381.346.658
a.n. YUFID NETWORK YAYASAN

BANK SYARIAH MANDIRI
7086.882.242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK

Paypal: [email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se

Referensi: https://konsultasisyariah.com/31237-ciri-fisik-penduduk-surga.html