Khutbah Jum’at – Bukan Sekedar Puas – Ustadz Abdullah Zaen, Lc., MA

Wabah merupakan salah satu ujian bagi seorang hamba. Saat wabah datang, ruang gerak kaum muslimin menjadi lebih sempit. Terlebih lagi ketika wabah sedang tinggi-tingginya sebagian masjid pun ditutup dan kaum muslimin hanya dapat sholat di rumah. Dan ketika mulai mereda, kaum muslimin bersyukur dapat kembali lagi ke masjid tentunya dengan mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. Lantas bagaimana dengan orang-orang yang tidak peduli dengan protokol kesehatan?

Di masa pandemi seperti ini, banyak ibadah yang tidak bisa kita jalankan dengan sempurna. Bahkan ibadah yang merupakan tiang agama sekalipun. Yaitu shalat lima waktu.

Saat wabah sedang memuncak, kita terpaksa menunaikan shalat lima waktu di rumah. Manakala agak mereda, kita bisa kembali menunaikan shalat secara berjamaah di masjid. Namun dengan berbagai protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh para ahli.

Contohnya keharusan membawa sajadah sendiri, mengenakan masker dan menjaga jarak antar jamaah. Akibatnya kita tidak bisa menjalankan sunnah merapatkan shaf sebagaimana biasanya. Juga tidak bisa membuka wajah seperti lazimnya.

Mau tidak mau ini harus dijalankan. Walaupun ada perasaan kurang puas di dalam hati kita. Karena tidak bisa maksimal dalam menjalankan tuntunan Rasul shallallahu ‘alaihi wasallam.

Namun ingat, bahwa beribadah itu bukan sekedar mengejar kepuasan pribadi. Tapi juga harus mempertimbangkan dampak buruk yang mungkin ditimbulkan.

Sikap abai terhadap berbagai protokol kesehatan tersebut di atas, bukan hanya mengganggu orang lain. Bahkan bisa membahayakan nyawa mereka.

Bisa-bisa bukan pahala yang diraih. Malah justru dosa yang didapatkan.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengingatkan,

“لَا ضَرَرَ وَلَا ضِرَارَ“

“Tidak boleh membahayakan diri sendiri dan membahayakan orang lain”. HR. Ibn Majah dan isnadnya dinilai sahih oleh al-Hakim.

#khutbahjumat​ #ustabdullahzaen​ #yufidtv​

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_c…​
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/​
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/​
Telegram: https://telegram.me/yufidtv​
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv​
*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com​
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BNI SYARIAH
0381.346.658
a.n. YUFID NETWORK YAYASAN

BANK SYARIAH MANDIRI
7086.882.242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK

Paypal: [email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se​