Umdatul Ahkam, Eps.270 Nikah Paksa: Syarat Menikahkan Anak dan Menikahi Janda – Ustadz Aris Munandar

Pernikahan merupakan salah satu syariat Islam yang mulia. Dan setiap orang tentu mengharapkan pernikahan yang bahagia. Berbicara tentang pernikahan tentu kita juga akan membahas permasalahan perjodohan. Bagaimana perjodohan yang sesuai dengan ketentuan Islam?

Dalam video kali ini insyaAllah membahas seputar perjodohan, yaitu pernikahan janda dan menikahkan anak perempuan. Terdapat perbedaan syarat menikahkan gadis dan syarat menikahkan janda. Di antara cara menikahkan anak perempuan disebutkan di dalam hadits menikahkan anak perempuan (menikahkan gadis) dan menikahkan janda.

Mengenai kawin paksa semacam ini, Rasulullah shallallahu’alaihiwasallam melarang dengan tegas melalui sabdanya,

لاَ تُنْكَحُ اْلأَيِّمُ حَتَّى تُسْتَأْمَرَ وَلاَ تُنْكَحُ الْبِكْرُ حَتَّى تُسْتَأْذَنَ. قَالُوْا: يَا رَسُوْلَ اللهِ، وَكَيْفَ إِذْنُهَا؟ قَالَ: أَنْ تَسْكُتَ

“Seorang janda tidak boleh dinikahkan kecuali setelah diminta musyawarahnya. Demikian seorang gadis tidak boleh dinikahkan kecuali setelah diminta ijinnya.”

Para Shahabat bertanya, “Ya Rasulullah, bagaimanakah ijinnya?”

“Bila ia diam.” Jawab Rasulullah.

( HR. Bukhori no. 5136, Muslim no. 1419, Abu Dawud no. 2092, at-Tirmidzi (no. 1107), Ibnu Majah no. 1871 dan An-Nasai VI/86 )

Dari hadits tersebut dapat kita ambil satu pelajaran bahwa di antara syarat menikahkan janda adalah dimintai musyawarahnya (tidak memaksa janda menikah). Sedangkan menikahkan gadis diperlukan izinnya.

Sobat Yufid.TV tentu hanya mengharapkan perjodohan Islami kan, bukan perjodohan paksa? Namun mungkin kamu juga pernah mendengar adanya wali nikah yang memiliki hak lebih, yaitu wali mujbir? Siapa itu wali mujbir? Secara singkat pengertian wali mujbir adalah wali yang memiliki hak paksa untuk menikahkan.

wallahu a’lam..

Simak penjelasan lengkapnya mengenai syarat menikahkan janda dan cara menikahkan gadis serta kaitannya dengan wali mujbir di video berikut ini ya..

Semoga Allah menganugerahkan kepada kita ilmu yang bermanfaat, keistiqomahan dalam beramal sholeh. aamiin..

Simak juga video-video bermanfaat lainnya dari channel yufid TV dan jangan lupa SUBSCRIBE agar memperoleh update video kajian kitab Umdatul Ahkam. SHARE kepada keluarga, kerabat, saudara, dan kawan Anda agar makin banyak yang tahu tentang Islam. Jazaakumullahu khairan

#nikahpaksa​ #pernikahanjanda​ #UstadzArisMunandar​

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_c…​
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/​
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/​
Telegram: https://telegram.me/yufidtv​
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv​
*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com​
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BNI SYARIAH
0381.346.658
a.n. YUFID NETWORK YAYASAN

BANK SYARIAH MANDIRI
7086.882.242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK

Paypal: [email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se