Tafsir Al Quran Al Fatihah: Surat Al Fatihah Ayat 1-7: Tafsir Mudah dan Ringkas

Surat Al Fatihah merupakan surat yang paling sering dibaca oleh seorang muslim. Sebab di dalam shalat, seorang muslim senantiasa membacanya. Namun sudahkah kita mengetahui makna yang terkandung di dalam surat yang agung tersebut? Yuk simak tafsir Surat al-Fatihah ayat 1 – 7 berikut ini.

Al Fatihah merupakan surat yang memiliki banyak sekali keutamaan. Surat al Fatihah diturunkan di kota Mekkah. Surat al Fatihah artinya pembukaan, yang merupakan surat pembuka Al Quran. Surat al Fatihah juga memiliki beberapa nama, antara lain Ummul Qur’an, Ummul Kitab atau Fatihatul Kitab. Surat al Fatihah terdiri dari berapa ayat? Surah al Fathihah merupakan ringkasan dari seluruh isi Al Quran yang diringkas menjadi 7 ayat.

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya, “Tidak ada shalat bagi orang yang tidak membaca Fatihatul Kitab (al Fathihah).” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dalam sabda yang lain beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan yang artinya, “Barangsiapa yang shalat tidak membaca Ummul Qur’an (QS al Fatihah) maka shalatnya pincang (khidaaj).” (HR. Muslim)

Sudah banyak sekali kajian-kajian tafsir yang membahas tentang arti surah al Fatihah, karena betapa istimewanya tafsir al Fatihah tersebut. Kita sebagai orang tua pun diwajibkan untuk mengajarkan bacaan surat al Fatihah kepada anak-anak kita sejak usia dini, karena dengan mengajarkan al Fatihah yang benar kepada mereka bersamaan dengan itu pula bacaan di setiap shalat mereka pahalanya akan terus mengalir kepada kita.

Dalam video kali ini Yufid.TV menampilkan tafsir surat al Fatihah yang dikemas secara mudah dan ringkas. Hal ini bertujuan agar kaum muslimin lebih mudah memahami isi kandungan surat al Fatihah, sekalian mendengarkan lantunan al Fatihah merdu dan mempelajari al Fatihah beserta artinya.

Sekilas isi video kali ini, tafsir surah al Fatihah akan dijelaskan per ayat, sehingga kaum muslimin pemirsa Yufid.TV bisa lebih memahami tafsir tersebut dari ayat per ayat. Di dalamnya juga berisi lantunan murottal al Fatihah serta al Fatihah dan artinya.

#TadabburQuran #TadabburDaily #TafsirAlFatihah

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_c…
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net
Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451

Paypal: [email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se