Tafsir Al Quran At-Tariq: Surat At Thariq Ayat 1-17: Tafsir Mudah dan Ringkas

At-Tariq adalah salah satu surat di dalam al-Qur’an yang dapat kita jumpai pada juz 30. Surat At-Tariq merupakan surat ke-86 dan terdiri dari 17 ayat. Tafsir surat At-Tariq per ayat berikut ini insyaAllah akan mengingatkan kita betapa besarnya kekuasaan Allah subhanahu wata’alaa.

Surat at Tariq merupakan surat di urutan ke 86 dalam Al-Quran. Surah at Tariq masuk ke dalam kelompok surat yang turun di Kota Mekah. Adapun asbabun nuzul surah ath Thariq sebagaimana yang diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim yang berasal dari Ikrimah yaitu sindiran Allah atas kesombongan Abul Asad yang meremehkan keberadaan Neraka Jahannam yang disampaikan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.

Surat al Thariq terdiri dari 17 ayat. Surah at Tariq ayat 1-17 ini diawali dengan Allah yang kembali menggunakan langit sebagai sumpahnya. At Tariq artinya yang datang pada malam hari. Ada beberapa tafsiran para ulama tentang arti at Tariq itu sendiri, dalam suatu riwayat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda,

إِذَا قَدِمَ أَحَدُكُمْ لَيْلاً فَلاَ يَأْتِيَنَّ أَهْلَهُ طُرُوقًا حَتَّى تَسْتَحِدَّ الْمُغِيبَةُ وَتَمْتَشِطَ الشَّعِثَةُ

“Jika salah seorang dari kalian tiba pada malam hari maka janganlah ia mendatangi istrinya.” (HR. Muslim)

Namun dalam arti surat at Thariq ini, Allah menjelaskan di ayat selanjutnya yaitu at Thoriq ayat yang ke 3, al Thariq (yaitu) bintang yang cahayanya menembus. Dengan sumpah itu Allah ingin menegaskan bahwa setiap manusia itu ada yang menjaganya, hal ini dijelaskan dalam QS at Thariq di ayat yang ke 4.

Di pertengahan surat Tariq, Allah mengingatkan hambanya bahwa Dia-lah yang berkuasa menciptakan manusia, Dia pula yang akan membangkitkannya. Kemudian di akhir Quran Surat at Tariq Allah menegaskan bahwa Al-Quran adalah pemisah antara yang haq dan yang bathil. Semua akan dijelaskan secara ringkas dalam tafsir surat at Thariq dalam video Yufid.TV ini.

Dalam video ini Yufid.TV akan menayangkan tafsir Al Quran surat at Thariq beserta artinya yang disertai murottal surat at Thariq, selain lantunan murottal merdu, terdapat pula penjelasan tafsir surat at Thariq per ayat. Sudah banyak video-video dan artikel yang membahas tentang surat at Tariq. Ada yang menampilkan surah at Tariq latin, ada pula yang menayangkan murottal juz 30 yang lainnya. Dengan adanya at Tariq latin dapat memudahkan kaum muslimin dalam belajar membaca Al-Quran, karena surat at Tariq latin membuat orang-orang yang belum bisa membaca huruf arab menjadi sangat terbantu, apalagi dengan dilengkapi surat at Thariq dan artinya.

#TadabburQuran #TadabburDaily #TafsirAtThariq

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_c…
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net
Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451

Paypal: [email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se