Tafsir Al Quran At Tin: Surah At Tin Ayat 1-8: Tafsir Mudah dan Ringkas

Siapa yang tidak kenal surat at-Tin? Sobat Yufid.TV pasti bukan hanya tahu, tapi juga hafal kan? Surat at-Tin merupakan surat ke 95 di dalam Al Quran. Surat at-Tin adalah surat yang cukup pendek terdiri dari delapan ayat sehingga begitu mudah untuk dihafalkan. Lantas, sudahkah kita mengetahui makna-makna yang terkandung di dalam surat yang agung tersebut? Yuk simak tafsir surat at-Tin berikut ini.

Pernahkan antum mentadaburi tafsir at Tin? Dalam video Yufid.TV kali ini, kami akan menampilkan tafsir Al Quran at Tin secara ringkas menggunakan kitab Al Mukhtashar fii tafsir. Surat at Tin merupakan urutan surat ke 95 dari Al Quran. Surah at Tin terdiri dari 8 ayat. Bacaan surat at Tin yang diawali dengan ayat watini wazaitun ini tergolong kedalam surat Makkiyah karena surat at Tin diturunkan di kota Mekah, sebelum Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berhijrah.

Kandungan surat at Tin dalam video tafsir di atas menjelaskan bahwa at Tin artinya buah tin, yaitu nama buah yang memiliki banyak manfaat. Menurut sebagian ahli tafsir, watini wazaitun artinya tempat yang di sana banyak ditumbuhi buah Tin (Damaskus) yaitu tempat Nabi Nuh, dan tempat yang banyak ditumbuhi pohon zaitun (Baitul Maqdis).

Setelah sumpah-Nya dalam kandungan surah at Tin di awal ayat, Allah kemudian bersumpah dengan bukit Tursina, di mana Allah berbicara langsung dengan Nabi Musa ‘alaihissalam secara langsung. Dia juga bersumpah dengan negeri yang aman dari ketakutan ini, yaitu Mekah tempat turunnya wahyu. Selanjutnya dalam surat at Tin ayat 4, Allah menegaskan bahwa sesungguhnya manusia diciptakan dalam bentuk yang sebaik-baiknya. Kemudian Allah mengingatkan bahwa yang menjadi pokok kemuliaan manusia adalah iman dan amalnya. Dan di akhir surat yaitu surat at Tin ayat 8, Allah kembali menegaskan bahwa Allah Maha Adil.

Di samping tafsir mudah QS at Tin dengan penjelasan per ayat, dalam video di atas juga dilengkapi dengan surah at Tin beserta artinya dan murottal surat at Tin.

Sudah banyak sekali konten yang membahas tentang surah at Tin dan artinya ini, baik itu tafsir surat at Tin dan artinya seperti dalam video kali ini, video khusus surat at Tin beserta artinya, murottal, maupun transliterasi surat at Tin latin. Semua bisa kita pelajari, dihafalkan dan ditadaburi agar dapat menambah ketakwaan kita.

#TadabburQuran #TadabburDaily #TafsirAtTin

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_c…
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net
Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451

Paypal: [email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se