Penjelasan Hadits tentang Amal Tergantung Akhirnya – Poster Dakwah Yufid TV

Amal merupakan perkara yang sangat penting bagi setiap hamba. Oleh karena itu kita harus memperbanyak dan memperbagus amal kita. Ada dua hadis tentang amal yang sangat perlu untuk kita ketahui. Hadis pertama adalah hadis tentang niat. Sedangkan hadis kedua adalah hadis tentang amal tergantung pada akhirnya.

Selagi masih ada kesempatan, kita harus rajin beramal ibadah. Sebab kita tentu ingin mendapatkan akhir hidup yang baik yaitu mati husnul khotimah dan dijauhkan dari mati suul khotimah. Maka di antara motivasi agar tetap istiqomah yaitu hadits amal tergantung akhirnya. Benar, amal itu tergantung akhirnya dan banyak kisah yang dapat kita ambil pelajaran dari orang-orang yang banyak amalnya namun di akhir kehidupan justru mati dalam keadaan suul khotimah, wal ‘iyadzubillah. Hendaknya kita senantiasa berdoa agar husnul khotimah.

Bersemangatlah dalam menjaga amalan sunnah dan tinggalkan amalan yang sia-sia agar tetap istiqomah di jalan ketakwaan hingga ajal menjemput kita. Sebab kita tidak tahu di belahan bumi mana kita akan wafat sebagaimana yang telah diingatka di dalam al-Qur’an surat Luqman ayat 34. Berkaitan dengan beramal ada beberapa nasihat yang menakjubkan datang dari para ulama masa silam, di antaranya nasehat Hasan al Bashri, nasehat Ibnu Qayyim, dan nasehat Ibnu Taimiyah. Dan di video kali ini juga akan dipaparkan doa Abu Bakar as Siddiq meminta kebaikan di ujung kehidupannya.

Abu Bakr as-Shiddiq berdoa kepada Allah,

اللَّهُمَّ اجْعَلْ خَيْرَ عُمْرِي أَخِيرَهُ ، وَخَيْرَ عَمَلِي خَوَاتِمَهُ ، وَخَيْرَ أَيَّامِي يَوْمَ أَلْقَاك

Ya Allah, jadikan usia terbaikku ada di penghujungnya, amal terbaikku ada di penutupnya, dan hari terbaikku, ketika aku bertemu dengan-Mu. (HR. Ibnu Abi Syaibah 30124).

wallahu a’lam

Simak juga video- video kajian yufid tv dan ceramah singkat yufid tv bermanfaat lainnya dari chanel yufid tv youtube dan jangan lupa SUBSCRIBE agar memperoleh update video yufid tv terbaru. SHARE kepada keluarga, kerabat, saudara, dan kawan Anda agar makin banyak yang tahu tentang Islam. Jazaakumullahu khairan

#haditstentangamal #amalibadah #YufidTV

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_c…
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net
Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451

Paypal: [email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se