Tafsir Al Quran Al Baqarah Halaman 20: Surat Al Baqarah Ayat 127-134: Tafsir Mudah dan Ringkas

Perkara tauhid adalah perkara yang agung. Sebab tauhid merupakan tugas utama seorang hamba yang dibebankan oleh Allah subhanahu wata’alaa. Di antara teladan mulia dalam menjalankan tauhid adalah Nabi Ibrahim ‘alaihissalaam.

Surah Al Baqarah merupakan golongan dari surat Madaniyyah. Surat Al Baqarah tersusun dari 286 ayat dan 6221 kata sehingga menjadikan surah Al Baqarah full sebagai surat terpanjang dalam al Quran. Al Baqarah artinya sapi betina, sebab pada QS Al Baqarah terdapat kisah penyembelihan sapi betina yang diperintahkan Allah kepada Bani Israil tepatnya terdapat pada ayat 67-74. Surat Al Baqoroh juga memiliki nama lain yakni Fustatul Qur’an karena memuat sejumlah ayat yang menjelaskan hukum-hukum yang tak terdapat dalam surat lainnya.

Pada episode kali ini, Yufid.TV akan melanjutkan pembahasan tentang tafsir mudah dan ringkas Al Baqarah juz 1. Setelah pada video terakhir menjelaskan hingga tafsir dan murottal surat Al Baqarah ayat 126, video di atas akan membahas tentang Al Baqarah halaman 20 yang terdiri dari Al Baqarah ayat 127-134. Melanjutkan pembahasan ayat sebelumnya tentang perjanjian Allah dengan Nabi Ibrahim alaihissalam, di dalam Al Baqarah ayat 127 dan Al Baqarah ayat 128, Allah mengingatkan tentang doa yang dipanjatkan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail ketika membangun Ka’bah. Kemudian pada Al Baqarah ayat 130, Allah menjelaskan bahwa sesungguhnya hanya orang-orang bodohlah yang membenci agama Ibrahim. Di akhir-akhir ayat, Al Baqarah ayat 133 Allah menjelaskan bahwa orang-orang Yahudi pada saat itu berjanji untuk mengikuti agama ibrahim di saat detik-detik kematian nabi Yakub ‘alaihissalam, namun pada kenyataannya mereka mengingkarinya. Itulah sepenggal cerita dari umat terdahulu, dan pada akhirnya kita akan mempertanggungjawabkan amalan kita masing-masing (Al Baqarah ayat 134).

Penjelasan tafsir surat Al Baqarah hal 20 akan dilengkapi dengan bacaan surat Al Baqarah serta tampilan video menarik yang menjadikan para pemirsa betah untuk menyimaknya. Murottal Al Baqarah merdu juga akan diperdengarkan dengan pelan dengan makhraj yang jelas sehingga bisa membantu kaum muslimin dalam menghafal Al Quran juga. Jangan lewatkan tafsir Al Baqarah full yang akan kami bahas di video-video surat Al Baqarah ayat selanjutnya.

#TadabburQuran #TadabburDaily #TafsirAlBaqarah

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_c…
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net
Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451

Paypal: [email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se