Hadiah Riba dari Bank Syariah – Poster Dakwah

Siapa sih yang tidak mau hadiah? Mungkin kebanyakan orang senang menerima hadiah. Namun bagaimana jika hadiah tersebut berasal dari bank? Bolehkah menerima hadiah dari bank?

Menerima hadiah dalam Islam pada asalnya adalah diperbolehkan dan saling memberi hadiah menurut Islam merupakan perkara yang memiliki keutamaan yang sangat besar dalam Islam, sebagaimana hadits saling memberi hadiah dan hadits keutamaan memberi hadiah, hadits tentang saling memberi hadiah tersebut diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi yang menunjukkan keutamaan memberi hadiah dalam Islam dan saling memberi hadiah. Walaupun saling memberi hadiah dalam Islam merupakan perkara yang memiliki keutamaan yang sangat besar dan anjuran memberi hadiah sangat ditekankan dalam syariat Islam hendaknya seorang muslim berhati-hati agar tidak melanggar syariat Islam dan ketentuan dari Allah Ta’ala dan Rasul-Nya.

Salah satu yang hendaknya diperhatikan adalah tentang hukum menerima hadiah dari bank syariah dan menerima hadiah dari bank riba, apakah bisa menerima hadiah dari bank syariah dan bolehkah menerima hadiah dari bank ketika kita menyimpan uang di bank syariah atau apakah hadiah dari bank apakah riba? Terkait hukum hadiah dari bank hal ini berkaitan dengan jenis transaksi bank syariah yang kita lakukan mengingat ada banyak jenis transaksi dalam bank syariah yang memiliki konsekuensi yang berbeda. Jenis transaksi di bank syariah apabila kita menyimpan uang di dalamnya pada hakikatnya transaksi dalam bank syariah yang kita lakukan adalah utang atau qardh, sehingga kita tidak boleh mendapatkan manfaat dari utang yang kita berikan.

Sehingga hukum menerima hadiah dari bank ketika kita menyimpan di dalamnya adalah terlarang dan hukum menerima hadiah dari bank syariah adalah haram, oleh sebab itu menerima hadiah dari bank hukumnya adalah tidak boleh. Oleh karena itu walaupun saling memberi dan menerima hadiah dalam Islam adalah merupakan perkara yang memliki keutamaan maka hendaknya seorang muslim harus berhati-hati dalam memberi dan memerima hadiah agar tidak melanggar ketentuan yang telah ditetapkan oleh syariat termasuk diantaranya menerima hadiah dari bank dikarenakan jenis transaksi perbankan yang kita lakukan.

#PosterDakwah #HadiahRiba #BankSyariah

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_c…
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net
Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451

Paypal: [email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se