Tafsir Alquran Juz 2 Halaman 23: Surat Al Baqarah Ayat 146-153: Tafsir Mudah dan Ringkas

Di antara nikmat yang agung namun banyak di antara manusia yang tidak menyadarinya yaitu diutusnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam mengajarkan al-Qur’an, Sunnah, serta berbagai macam hal berkaitan dengan urusan agama dan dunia. Dan yang beliau sampaikan adalah kebenaran. Maka sudah selayaknya bagi seorang muslim untuk tunduk kepada bimbingan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Surat Al Baqarah adalah satu-satunya surat yang terdapat dalam juz pertama Al Quran. Al Baqarah berada di urutan kedua setelah Al Fatihah. Surah Al Baqarah turun di kota Madinah sehingga Al Baqoroh termasuk dalam golongan surat Madaniyah. Surah Al Baqarah full menjadi surat dengan jumlah ayat terbanyak dalam Al Quran yaitu 286 ayat. Bacaan surat Al Baqarah juga melewati 3 juz sekaligus.

Saat ini Yufid.TV telah menginjak pada pembahasan Al Baqarah juz 2, melanjutkan pembahasan tentang tafsir QS Al Baqarah yang sebelumnya sudah sampai pada ayat 145. Dalam deskripsi video ini kami sedikit mengupas tentang isi Al Baqarah ayat 146-153 ini. Pada Al Baqarah ayat 146, Allah mengungkap sifat kedengkian sebagian Ahli Kitab yang membuat mereka menyembunyikan kebenaran tentang perpindahan arah kiblat, padahal mereka sangat mengetahui. Kemudian pada Al Baqarah ayat 148, Allah menjelaskan bahwa setiap umat memiliki kiblatnya masing-masing, semata-mata untuk menguji ketaatan manusia, dan Allah akan memberikan balasan yang adil di akhirat. Diutusnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam kepada umat ini, merupakan salah satu bukti kemuliaan umat islam sebagaimana dijadikannya Masjidil Haram sebagai kiblat kaum muslimin agar membedakan dengan umat-umat sebelumnya (Al Baqarah ayat 151). Dilanjutkan pada Al Baqarah ayat 152, Allah memerintahkan kita untuk selalu mengingat-Nya agar Allah mengingat kita, dan janganlah berbuat kekufuran. Maksud dari Allah mengingat kita dalam surah Al Baqarah ayat 152 yaitu Allah akan senantiasa menjaga dan memelihara kita. Dan di bahasan terakhir yaitu Al Baqarah ayat 153, terdapat perintah untuk bersabar dan sholat ketika menghadapi ujian. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak video tafsir Al Baqarah 146-153 di atas.

Video di atas juga dilengkapi dengan murottal surat Al Baqarah serta surat Al Baqarah halaman 23 beserta artinya. Selain lantunan Al Baqarah merdu, video di atas juga merinci surat Al Baqarah ayat 17-24 dengan penjelasan per ayat. Murottal Al Baqarah ini dilantunkan oleh seorang Qori’ dan juga diperdengarkan dengan pelan dengan makhraj yang jelas sehingga bisa membantu kaum muslimin dalam menghafal Al Quran juga. Jangan lewatkan tafsir Al Baqarah full yang akan kami bahas di video-video selanjutnya.

#TadabburQuran #TadabburDaily #TafsirAlBaqarah

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_c…
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net
Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451

Paypal: [email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se