Kopi Luwak Halal atau Haram? (Hukum Minum Kopi Luwak Menurut Islam) – Poster Dakwah Yufid TV

Kopi adalah salah satu minuman yang digemari banyak orang. Dari sekian banyak jenis ada satu jenis kopi yang unik dan membuat orang tertarik. Kopi tersebut dikenal dengan sebuatan kopi luwak. Katanya sih, kopi luwak memiliki cita rasa yang khas dan nikmat. Selain itu, pembuatan kopi luwak juga tergolong sangat unik karena melalui proses fermentasi alami. Hewan luwak akan memakan buah kopi kemudian biji dari buah kopi itu terfermentasi di saluran pencernaannya dan keluar bersama feses. Nah, itulah kopi luwak.

Kopi luwak adalah minuman kopi yang cukup digemari saat ini. Apakah anda tertarik mencoba minum kopi luwak? Pertama, kita kenali dulu apa itu kopi luwak. Proses pembuatan kopi luwak adalah dengan fermentasi alami di mana luwak memakan buah kopi. Sekarang kita sudah tahu bahwa kopi luwak terbuat dari apa yaitu buah kopi yang dimakan luwak kemudian dikeluarkan bersama feses.

Berdasarkan proses kopi luwak tersebut tentu kita jadi penasaran hukum minum kopi luwak di dalam Islam. apakah kopi luwak halal atau haram? Nah ternyata, hukum kopi luwak dalam islam itu halal. kenapa kopi luwak halal?

Hukum minum kopi luwak menurut Islam
Mengenai kopi luwak haram atau halal mungkin terjadi silang pendapat. Akan tetapi luwak tidak termasuk binatang buas, karena tidak menyerang manusia. Luwak termasuk binatang herbifora yang makanannya adalah buah-buahan. Sebagaimana tidak ada dalil khusus yang mengharamkannya. hukum kotoran hewan yang halal dimakan adalah suci. Maka najiskah kotoran luwak? Kotoran luwak adalah suci dan tidak najis, dan kopi yang keluar bersama kotorannyapun suci dan tidak najis. Terlebih-lebih kopi tersebut sebelum dijadikan minuman telah dicuci dan dibersihkan dari kotoran. Sehingga tidak ada alasan untuk mengharamkannya.

wallahu a’lam, semoga bermanfaat.

Simak juga video- video kajian yufid tv dan ceramah singkat yufid tv bermanfaat lainnya dari chanel yufid tv youtube dan jangan lupa SUBSCRIBE agar memperoleh update video yufid tv terbaru. SHARE kepada keluarga, kerabat, saudara, dan kawan Anda agar makin banyak yang tahu tentang Islam. Jazaakumullahu khairan

#kopiluwak #hukumkopiluwak #YufidTV

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_c…
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net
Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451

Paypal: [email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se