Tafsir Alquran Juz 2 Halaman 30: Surat Al Baqarah Ayat 191-196: Tafsir Mudah dan Ringkas

Islam memerintahkan kita untuk berlaku adil dan tidak melampaui batas. Bahkan di dalam permusuhan dengan orang kafir, kita dilarang melampaui batas. Dan orang-orang kafir yang telah memeluk Islam dan beriman, maka kita tidak boleh membenci mereka. Sebab seorang muslim adalah saudara bagi muslim yang lain.

Surat Al Baqarah memiliki banyak sekali keutamaan. Di masa para sahabat, barangsiapa yang telah mengkhatamkan tafsir surat Al Baqarah serta mengamalkannya, maka dia telah menjadi ulama. Dalam sebuah riwayat, Ibnul Arabiy pernah mengatakan, sebagian guruku berkata, di dalam Al Baqarah full terdapat seribu perintah, seribu larangan serta seribu berita. Hal ini menggambarkan betapa banyak kandungan hukum yang ada di dalam surah Al Baqarah ini.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam juga pernah menjadikan Al Baqarah sebagai syarat untuk sahabat yang akan menjadi pemimpin dalam sebuah perjalanan atau peperangan. Salah satu syarat seorang pemimpin dalam sebuah peperangan yaitu mengkhatamkan surah Al Baqarah full. Yang dimaksud dengan mengkhatamkan yaitu menghafal Al Baqoroh, memahami maksud dan kandungan QS Al Baqarah serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Pada episode kali ini, telah sampai pada pertengahan Al Baqarah juz 2. Yufid.TV akan menjabarkan tentang tafsir Al Baqarah hal 30 yaitu Al Baqarah 191-196. “Fitnah lebih kejam dari pembunuhan” Kalimat yang tidak asing lagi bagi telinga kita yang ternyata merupakan nukilan dari surat Al Baqarah ayat 191. Yang dimaksud dengan fitnah dalam ayat tersebut adalah kerusakan yang ditimbulkan apabila membiarkan orang-orang kafir menghalangi orang mukmin untuk melaksanakan ibadah, atau bisa juga diartikan dengan kekafiran dan kesyirikan. Ayat ini dijadikan dalil atau sebuah kaidah yang terkenal yaitu, “mengerjakan kerusakan yang lebih kecil dari 2 kerusakan demi menghindari kerusakan yang lebih besar.” Pada Al Baqarah ayat 193 Allah masih melanjutkan pembahasan tentang pentingnya berjihad melawan orang-orang kafir hingga mereka semua beriman. Dalam Al Baqarah ayat 194 Allah juga memerintahkan untuk memberi hukuman yang setimpal bagi pelaku kezaliman dan Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. Itu merupakan salah satu ciri orang yang bertakwa. Kemudian dalam tafsir Al Baqarah ayat 195, merupakan ayat teguran untuk kaum Anshar yang menahan harta-harta mereka untuk berinfak dijalan Allah. Dan di pembahasan terakhir video di atas Al Baqarah ayat 196, terdapat perintah untuk menunaikan ibadah haji serta penjelasan tentang rukun-rukunnya.

Dengan mempelajari tafsir bacaan surat Al Baqarah semacam ini, kita diharapkan bisa lebih memahami isi kandungan yang ada di dalam Al Quran khususnya pada surat Al Baqarah ayat 191-196. Video di atas juga dilengkapi dengan murottal Al Baqarah serta surat Al Baqarah beserta artinya. Selain lantunan Al Baqarah merdu, serta merinci surat Al Baqarah ayat 191-196 dengan penjelasan per ayat. Murottal surat Al Baqarah ini dilantunkan oleh seorang Qori’ dan diperdengarkan dengan makhraj yang jelas sehingga bisa membantu kaum muslimin dalam menghafal Al Quran juga.

#TadabburQuran #TadabburDaily #TafsirAlBaqarah

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_c…
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net
Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451

Paypal: [email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se