Tafsir Alquran Juz 2 Halaman 31: Surat Al Baqarah Ayat 197-202: Tafsir Mudah dan Ringkas

Haji adalah salah satu rukun Islam. Ibadah haji wajib bagi seorang muslim yang mampu baik secara fisik maupun finansial. Ibadah haji dilaksanakan pada bulan-bulan yang telah ditentukan oleh syariat Islam. Bulan-bulan haji yang dimaksud adalah bulan Syawal, Dzulqo’dah, dan 10 hari dari bulan Dzulhijjah.

Mempelajari surat Al Baqarah merupakan hal yang sangat penting bagi setiap muslim. Karena surah Al Baqarah memiliki nama lain fustatul Qur’an yang artinya puncaknya Al Quran. Hal ini disebabkan di dalam surah Al Baqarah full terdapat banyak sekali hukum-hukum syariat serta kisah peristiwa untuk meningkatkan keimanan kita. Nama Al Baqarah sendiri diambil dari salah satu kisah yang diabadikan dalam QS Al Baqarah yaitu surat Al Baqarah ayat 67 mengenai sapi betina. Al Baqoroh juga merupakan surat terpanjang dalam Al Quran yaitu 286 ayat.

Pada episode kali ini, kita telah sampai pada pembahasan tafsir mudah dan ringkas surat Al Baqarah ayat 197-202 yang merupakan bagian dari Al Baqarah juz 2. Di dalam tafsir surat Al Baqarah di atas terdapat banyak pelajaran yang bisa kita petik sebagai seorang muslim. Diawali dengan dalil tentang keagungan ibadah Haji di Al Baqarah ayat 197, dan waktu pelaksanaan serta tata cara haji agar menjadi haji mabrur. Kemudian pada Al Baqarah ayat 198, Allah melanjutkan penjelasan tentang rukun haji lainnya, salah satunya yaitu wukuf di Arafah. Allah memberikan contoh doa terbaik bagi orang yang beriman di Al Baqarah ayat 200 yang sering kita kenal dengan sebutan doa sapu jagat. Doa ini dinamakan sapu jagad artinya didalamnya ada permohonan kebaikan di dunia serta di akhirat. Sapu jagat merupakan doa yang sering dipanjatkan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. Dalam pembahasan terakhir, Al Baqarah ayat 201, dengan doa semacam itu Allah akan memberikan apa-apa yang mereka usahakan

Sudah banyak sekali video yang menampilkan tentang murottal surat Al Baqarah, mulai dari Al Baqarah merdu yang dilantunkan oleh para Qori’, hingga hingga hafalan bacaan surat Al Baqarah untuk anak. Dalam rangkaian video tafsir Yufid.TV kali ini, yang saat ini memasuki Al Baqarah 197-202, akan menampilkan tayangan yang berbeda, tafsir akan dijelaskan dari ayat per ayat sehingga memudahkan kaum muslimin untuk menyimaknya. Serta murottal Al Baqarah dibacakan dengan tartil sesuai makhraj yang jelas sehingga bisa membantu dalam menghafalnya. Jangan lewatkan tafsir Al Baqarah full yang akan kami bahas di video-video selanjutnya.

#TadabburQuran #TadabburDaily #TafsirAlBaqarah

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_c…
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net
Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451

Paypal: [email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se