Seorang yang berumah tangga tentu mendambakan kehidupan yang bahagia bersama pasangannya. Dan untuk meraihnya diperlukan ketulusan, kesungguhan, serta kesabaran. Ada banyak faktor yang dapat membuyarkan jalinan kasih antara suami dan istri. Salah satu sebab terbesar rusaknya rumah tangga adalah munculnya orang ketiga.

Tuduhan zina merupakan perkara besar. Sebab tuduhan zina dalam Islam tanpa bukti termasuk dalam dosa-dosa besar yang membinasakan. Muncul pertanyaan, apa hukum suami menuduh istri berzina? Dan apa hukum seorang ayah tidak mengakui anaknya lantaran tuduhan zina tersebut?

Berbicara hukum suami menuduh istri berzina maka perlu membahas hukum-hukum seputar sumpah lian. Lian adalah sumpah suami bahwa istrinya telah berzina dan istri pun bersumpah bahwa tuduhan suami merupakan kedustaan. Ada beberapa istilah berkaitan dengan hukum li’an, di antaranya qadzaf, maqdzuf, qadzif, dan anak mulaanah. Qadzaf artinya menuduh zina. Maqdzuf adalah orang yang dituduh. Qadzif adalah orang yang menuduh zina. Sedangkan anak mulaanah adalah anak yang dilahirkan oleh seorang istri di mana anak tersebut diingkari oleh suami dengan tuduhan istrinya telah berzina.

Tuduhan zina dapat dibuktikan dengan empat orang saksi. Namun apabila tidak dapat mendatangkan saksi-saksi tersebut dapat menempuh jalur sumpah li’an. Dalil tentang li’an di dalam al-Qur’an terdapat pada surah an Nur ayat 6, an Nur ayat 7, surah an Nur ayat 8, dan surah an Nur ayat 9. Akibat sumpah li’an bagi seorang suami yaitu

  1. Perpisahan selamanya (tidak dapat rujuk ataupun pernikahan baru dengan mantan istri tersebut).
  2. Sang anak tidak benasab kepadanya (suami) akan tetapi kepada istrinya selaku ibunya.

Semoga penjelasan terkait hukum, contoh li’an, dan akibat sumpah lian berikut ini bermanfaat.

wallahu a’lam..

Simak juga video-video bermanfaat lainnya dari channel yufid TV dan jangan lupa SUBSCRIBE agar memperoleh update video kajian kitab Umdatul Ahkam. SHARE kepada keluarga, kerabat, saudara, dan kawan Anda agar makin banyak yang tahu tentang Islam. Jazaakumullahu khairan

#hukumlian #UmdatulAhkam #UstadzArisMunandar

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_c…
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net
Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451

Paypal: [email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se