Materi: Keutamaan Belajar Ilmu Agama (Bagian 2 – Selesai)
Pembicara: Ustadz Yazid bin Abdul Qodir Jawas

Seorang muslim tidak akan bisa melaksanakan agamanya dengan benar, kecuali dengan belajar Islam yang benar berdasarkan Alquran dan Assunnah menurut pemahaman Salafush Shalih. Agama Islam adalah agama ilmu dan amal karena Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam diutus dengan membawa ilmu dan amal shalih.

Seorang muslim tidaklah cukup hanya dengan menyatakan keislamannya tanpa berusaha untuk memahami Islam dan mengamalkannya. Pernyataannya harus dibuktikan dengan melaksanakan konsekuensi dari Islam. Karena itulah menuntut ilmu merupakan jalan menuju kebahagiaan yang abadi. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda,

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

“Menuntut ilmu itu wajib atas setiap Muslim.” (Hadits shahih: diriwayatkan oleh Ibnu Majah (no. 224), dari Shahabat Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, lihat Shahiih al-Jaami’ish Shaghiir (no. 3913). Diriwayatkan pula oleh Imam-imam ahli hadits yang lainnya dari beberapa Shahabat seperti ‘Ali, Ibnu ‘Abbas, Ibnu ‘Umar, Ibnu Mas’ud, Abu Sa’id al-Khudri, dan al-Husain bin ‘Ali radhiyallaahu ‘anhum)

Video ceramah ini menjelaskan tentang keutamaan dan kewajiban belajar ilmu agama bagi setiap muslim, serta adab-adab dalam menuntut ilmu yang hendaknya diamalkan oleh setiap muslim. Semoga nasihat berharga dari Ustadz Yazid Jawas pada video ceramah agama Islam berikut ini bermanfaat bagi seluruh umat Islam serta dapat menambah semangat untuk belajar agama. Selamat menyaksikan.

 

YUFID TV
http://yufid.tv