Tata Cara Sholat yang Benar Sesuai Sunnah LENGKAP : Cara Duduk Diantara Dua Sujud yang BENAR(2019)

Duduk antara dua sujud merupakan salah satu rukun shalat yang apabila tidak dikerjakan maka shalat nya batal. Perlu kita ketahui cara duduk antara dua sujud bagi perempuan dan laki laki yang sesuai sunnah karena posisi duduk diantara dua sujud yang benar akan membuat shalat kita lebih sempurna dan menghindari kesalahan yang bisa menyebabkan shalat batal. Berikut cara duduk diantara dua sujud yang benar sesuai sunnah Nabi ﷺ :

[1] wajib takbir intiqal ketika bangkit dari sujud pertama untuk melakukan duduk antara dua sujud
[2] posisi duduk diantara dua sujud yang benar adalah dengan duduk iftirasy. Seperti apa duduk iftirasy itu?
Duduk iftirasy adalah posisi duduk yang bertumpu pada kaki kiri sedangkan telapak kaki kanan ditegakkan. Lihat video di atas untuk melihat bagaimana dara duduk iftirasy ketika duduk diantara sujud sebagaimana disebutkan dalam hadits riwayat Abu Daud no 859.
[3] saat duduk diantara dua sujud, punggung harus tegak dan tidak boleh condong sebagaimana disebutkan dalam hadits dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Abu Daud.
[4] menghadapkan jari ke arah kiblat
[5] terkadang dianjurkan untuk duduk antara dua sujud dengan cara duduk iq’a. Lihat video di atas untuk mengetahui dua cara duduk iq’a
[6] wajib tumaninah, yakni berdiam sejenak sehingga cukup untuk membaca bacaan duduk diantara dua sujud sesuai sunnah.
Simak video Yufid TV berikut untuk mengetahui bacaan duduk diantara dua sujud yang benar :
https://youtu.be/qAvMzmj8UYs (Tata Cara Sholat yang Benar Sesuai Sunnah LENGKAP : Doa Duduk Di Antara Dua Sujud (2019))
[7] memperlama duduk diantara dua sujud sebagaimana yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad ﷺ

Selain mengetahui cara duduk diantara dua sujud yang benar, kita juga perlu mengetahui berbagai bentuk kesalahan ketika duduk antara dua sujud karena seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kesalahan dalam rukun shalat bisa membatalkan shalat kita. Simak video Tata Cara Sholat yang Benar sesuai sunnah di atas untuk memperoleh penjelasan yang lebih lengkap dan lebih jelas dengan adanya ilustrasi cara duduk diantara dua sujud yang benar. Demikian, semoga Allah Ta’ala berikan kita kemudahan dalam memperbaiki cara sholat kita agar sesuai dengan tata cara sholat yang benar sesuai petunjuk Nabi ﷺ dan menghindari kesalahan ketika duduk antara dua sujud yang dapat membatalkan sholat kita. Baarakallahufiikum..