Motor Kembali, Bensin Isi Penuh, Ini Riba, Benarkah? – Poster Dakwah Yufid TV

Riba dalam pandangan Islam termasuk dosa yang semestinya diwaspadai. Konsep riba dalam Islam bukan akal-akalan para Kyai dan Ulama, sebab dasar hukum riba itu jelas … yakni Al Quran dan Al Hadits. Terkait tema yang diangkat Poster Dakwah kali ini “Motor Kembali Bensin Isi Penuh Ini Riba ?” Apakah ia tergolong sebagai contoh riba nasiah? Atau ia termasuk contoh riba dalam jual beli? Bicara contoh riba seakan tidak ada habisnya!

Contoh kasus riba di Indonesia mulai menggeliat sepak terjangnya di bumi persada. Mulai dari perkotaan hingga pedesaan. Gaya hidup konsumtif yang ditawarkan, menjadikan masyarakat mempunyai pola pikir gemar berhutang; “Kredit sana kredit sini, yang penting Asyik gaes …!” Solusi riba dalam Islam sudah ditawarkan semenjak dulu. Mulai dari seminar maupun pengajian intensif yang mengupas hadits barang ribawi, adab pinjam meminjam, lalu contoh pinjam meminjam hingga adab berhutang yang kini kian hilang sebagaimana hilangnya orang yang berhutang. Nyindir pake banget …

Cukup jelas, hadits tentang pinjam meminjam antara sesama muslim atas dasar mengambil manfaat yakni membantunya, bukan menzhaliminya. Dosa riba terpampang di depan mata, akankah ia berakhir sirna dengan siraman rohani yang terus mengguyur jiwa …brrr …

Apakah sebagian kita akan berhenti dari dosa riba, saat mereka menyimak kisah nyata pemakan riba? Larangan riba tercantum dalam Al-Quran, ia bukan hal sepele yang tidak diperhatikan, melainkan memperhatikannya adalah kewaspadaan kita terhadapnya.

Sedikit tentang Al Qard, Al Qard adalah pinjaman, ia bisa menjadi sesuai syariat atau tidaknya tergantung akadnya. Riba menurut Islam adalah perkara yang besar. Cukup sudah kita mengawal Anda untuk mengenal macam macam riba dan contohnya, sedangkan memaparkan azab riba, bukan di sini tempatnya, khawatir terlalu panjang pembahasannya. Semoga bisa kami bahas pada sesi mendatang. Insya Allah.