Ucapan Ketika Mendengar Musibah & Doa Terhindar dari Musibah – Monggo Mas Tri (Doa Sehari hari)

Terkait musibah bencana alam seperti bencana banjir dan bencana gempa bumi, ada kumpulan doa sehari hari yang bisa kita amalkan. Mulai dari doa terkena musibah atau doa ketika ditimpa musibah dan kesusahan, doa selamat dari musibah atau doa selamat dari bencana alam, hingga doa agar terhindar dari masalah atau musibah yang menimpa orang lain.

Diantara ucapan ketika mendengar musibah atau doa ketika terkena musibah adalah lafadz istirja, yakni “innaa lillaahi wa innaa ilaihi rooji’uun”. Jika orang lain tertimpa musibah baik musibah duniawi seperti bencana alam ataupun musibah agama seperti kefasikan dan kezhaliman, dianjurkan membaca doa agar kita terhindar dari musibah tersebut. Lafadz doa nya :

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى عَافَانِى مِمَّا ابْتَلاَكَ بِهِ وَفَضَّلَنِى عَلَى كَثِيرٍ مِمَّنْ خَلَقَ تَفْضِيلاً

Alhamdulillahilladzi ‘aafaani mimmab talaaka bihi, wa faddhalanii ‘ala katsiirim mimman khalaqa tafdhilaa
“Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan aku dari musibah yang menimpamu dan benar-benar memuliakanku dari makhluk lainnya.”

PENTING! Ketika membaca doa terhindar dari musibah yang dialami orang lain tersebut, jangan sampai didengar oleh orang yang sedang tertimpa musibah itu. Musibah dalam Islam memiliki banyak hikmah bagi orang yang beriman. Diantaranya sebagaimana disebutkan hadits shahih riwayat Imam Buhari dan Muslim yang artinya :
“Tidaklah seorang mukmin terkena duri dan lebih dari itu melainkan Allah akan mengangkat derajat dengannya. Atau dihapuskan kesalahannya dengannya.” HR. Bukhori, (5641) dan Muslim, (2573).

Demikian, monggo disimak videonya biar lebih mantep bacaan nya. Jangan lupa, simak juga ribuan video Yufid TV lainnya. Semoga bermafaat dan semoga istiqamah dalam menuntut ilmu agama Islam. Baarakallahu fiikum