Segera Bayar Hutang Puasamu – Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A. – 5 Menit yang Menginspirasi

Qadha puasa Ramadhan bisa kapan saja, dan tentunya lebih cepat lebih baik. Hutang puasa harus dibayar puasa, dan ada pengecualian bagi yang tidak mampu menunaikannya. Niat membayar hutang puasa sebagaimana amalan saat puasa Ramadhan; ia melakukan sahur dan menjaga adab saat berpuasa.

Niat qadha puasa Ramadhan sekali lagi sama dengan niat saat puasa Ramadhan, yang membedakan niat di hatinya bukan pada lafadz pengucapannya. Sebelum jauh, mari sejenak kita mengenal pengertian puasa qadha dan tata cara puasa qadha serta batas waktu mengganti puasa Ramadhan dalam paparan ceramah yang singkat lagi menginspirasi ini!

Fidyah puasa bagi mereka yang tidak mampu menggantinya dengan puasa (biasanya wanita yang tiap tahun melahirkan, atau seorang sakit yang tidak diharapkan kesembuhannya). Sekilas menyibak manisnya keutamaan bulan Ramadhan dan dalilnya yang telah berlalu membersamai kita menyisakan isak tangis yang tak terperi … sebab kita telah kehilangan suatu bulan yang istimewa.

Udzur puasa bagi yang dikecualikan seperti saat safar, wanita yang menyusui dan hamil, orang sakit akut, tua renta, dan dalam hal ini ada ibrah yang terambil dari kisah Aisyah radhiyallahu ‘anha. Niat puasa qadha dan puasa qadha hari apa saja atau apa itu puasa qadha? Berikut pertanyaan semisalnya, bisa Anda kulik jawabannya di sini! Pahala puasa sunnah tidak mengimbangi puasa wajib, akan tetapi ia adalah keutamaan, barangsiapa yang tidak mengambilnya, maka ia telah melewatkan sesuatu yang berharga dalam hidupnya.

Adakah niat buka puasa qadha? Tidak ada … yang ada mengqodho puasa Ramadhan bisa dilakukan sebelum Ramadhan atau setelah Ramadhan. Sebelum Anda melakukan puasa Syawal. Selamat menjalankan ibadah puasa bagi kaum muslimin di manapun berada. Barakallahu fikum.