Masjid Pertama di Dunia – Ustadz Maududi Abdullah, Lc – 5 Menit yang Menginspirasi

Tahukah Anda masjid pertama di dunia ini? Yup, tepat sekali … ia adalah masjid Quba. Masjid Quba di Madinah, bersamaan adanya masjid Nabawi di Madinah dan masjidil Haram di Makah. Ketiganya merupakan masjid-masjid bersejarah yang hingga kini tetap langgeng dengan keutamaannya. Masjid merupakan tempat shalat terbaik bagi setiap muslim, dan hal ini diketahui dari hadits seputar keutamaan shalat. Inilah video yang memuat sejarah masjid Quba dan masjid Nabawi.

Shalat tiang agama bagi seseorang, dengannya dibedakan; apakah seorang mendapat predikat mukmin atau sebaliknya berpredikat sebagai orang kafir. Shalat wajib yang utama ialah yang dikerjakan di masjid-masjid. Hal ini tampak dari hadits tentang keutamaan shalat berjamaah dan hadits keutamaan shalat secara umum. Apalagi ditambah dengan hasungan berupa keutamaan shalat tepat waktu.

Masih ingatkah Anda hadits pendek tentang shalat? Dan adakah pahala shalat di masjid Quba? Shalatlah di masjid terdekat Anda … Sekali lagi, manfaat masjid adalah untuk tempat shalat, bukan arena untuk berselfi ria. Selain itu, ramaikanlah masjid dengan kegiatan keagamaan di masjid. Berupa pengajian, pengajaran Al-Qur’an, dan musyawarah. Mengulang kembali faidah hadits tentang sholat adalah tiang agama bagi setiap muslim; maka bagaimana seseorang dikatakan beragama, manakala ia tidak menjaga shalat.

Pahala shalat berjamaah di masjid tidak serupa dengan shalat sendirian di rumah. Lebih lebih lagi apabila itu shalat fardhu. Maka amat disayangkan apabila dikerjakan di rumah. Manfaat sholat bagi jiwa ialah menstabilkannya dalam melakukan ketaatan-ketaatan lainnya. Ia adalah barometer keimanan.