Nilai Penting Shalat bagi Seorang Muslim – Ustadz Maududi Abdullah, Lc – 5 Menit yang Menginspirasi

Shalat adalah amalan pertama yang kelak dihisab di akhirat. Shalat itu tiang agama dan hal ini sudah dikenal oleh setiap muslim baik dari kalangan terpelajar hingga kaum awamnya. Tujuan shalat yang paling utama ialah menghubungkan seorang hamba kepada Allah. Pentingnya shalat dalam kehidupan manusia, utamanya pentingnya sholat 5 waktu. Lima kali dalam sehari semalam. Apalagi ditambah keutamaan shalat tepat waktu sebagai amalan yang afdhal. Tentunya menambah semangat kita.

Pentingnya sholat berjamaah dalam rangka menjaga syiar syiar Islam di muka bumi, menguatkan hubungan seorang hamba dengan pencipta-Nya, memperkuat ukhuwah sesama kaum muslimin dan selainnya. Banyak sekali disebutkan keutamaan shalat berjamaah dalam beberapa hadits populer, salah satunya adalah dilipatgandakannya shalat menjadi 27 derajat. Dan lebih dari itu, nilai penting shalat bagi seorang muslim ialah menambah ketakwaannya.

Mari kita kita lihat hadits tentang rukun Islam, Buniyal Islam ala khomsin syahadatu an laa ilaha illallah wa anna Muhammadar Rasulullah wa iqaamis shalat … dst. Dan juga hadits hadits shalat yang lain, maka akan tampak pondasi Islam dengan adanya shalat. Kajian Islam tentang shalat ini disampaikan oleh Ustadz Maududi Abdullah hafizahullah yang mana beliau sertakan hadits pendek tentang shalat dan pemaparan hakikat sholat dalam Islam, plus hakikat shalat 5 waktu serta hadits tentang amal yang dihisab pertama kali. Apakah itu? Ia adalah shalat.