Perkara Pertama yang Dihisab di Akhirat – Ustadz Maududi Abdullah, Lc.

Perkara pertama yang dihisab di akhirat kelak yaitu shalat, sudahkah Anda memperbaruinya (baca: senantiasa menjaga syarat, rukun, dan kekhusyu’annya)? Dalam video ini sekilas pemateri membawakan hikmah beriman kepada hari Akhir yang tertuang dalam hadits tentang rukun Islam. Buniyal Islam ala khamsin … ila akhiril hadits, demikian salah satu hadits shalat yang terkenal. Inilah pondasi agama Islam yang senantiasa dijaga oleh seorang muslim.

Shallu kama ra aitumunni ushalli adalah hadits pendek tentang shalat yang masyhur penyebutannya dalam kitab-kitab fikih. Begitupun dalam kajian Islam tentang sholat, hadits ini sering dikutip. Hakikat sholat bukan semata lima waktu yang bersifat rutinitas belaka. Akan tetapi hakikat shalat 5 waktu ialah menjadikan pelakunya semakin hari bertambah baik imannya. Bisa jadi ia mengilmui arti shalat yang sesungguhnya.

Hadits tentang amal yang sering digunakan oleh penceramah ialah bab shalat ini, sebab ia bersama seorang hamba siang dan malam. Shalat adalah penyejuk mata Rasulullah, semoga Anda juga demikian. Shalat itu tiang agama. Jika tiangnya tidak tegak, maka akan robohlah suatu bangunan di atasnya. Tujuan shalat yang terpenting atau pentingnya shalat bagi seorang hamba ialah dengan shalat terjalin komunikasi antara seorang hamba dengan Rabb-Nya tanpa perantara. Terlebih lagi, pentingnya sholat 5 waktu untuk setiap muslim.

Tentu, Anda telah familiar dengan hadits yang menyebutkan keutamaan shalat tepat waktu dan hadits seputar pentingnya sholat berjamaah? Shalat … shalat … dan shalat, jangan pernah lupakan shalat!