Jika Doa Bisa Mengubah Takdir – Ustadz Abu Qotadah – 5 Menit yang Menginspirasi

Doa mengubah takdir … ini bukan kata orang, melainkan risalah yang datang dari langit. Takdir adalah ketentuan yang berlaku pada semesta alam termasuk manusia. “Apakah takdir bisa dirubah?” Tanya orang ini. “Jika doa bisa mengubah takdir, maka saya ingin sesuatu yang mengubah hidupku”, jawab orang itu. (Prolog si ini dan si itu)

Takdir Allah adalah yang terbaik bagi segenap hamba-hamba-Nya yang beriman. Contoh takdir dalam ayat dan hadits tentang takdir menyebutkan bahwa doa termasuk bagian dari takdir. Inilah ceramah tentang takdir yang menakjubkan yang disampaikan oleh Alumni Darul Hadits Yaman; Al-Ustadz Abu Qotadah hafizahullah.

Adakah doa pengubah takdir? Doa merubah takdir dengan izin Allah. Bagi jomblowan dan jomblowati biasanya bertanya, “Apakah takdir jodoh bisa dirubah dengan doa?”(Berharap jodohnya segera kunjung datang menghampiri).

Melihat sekilas pengertian takdir di atas melazimkan kita untuk mengenal macam macam takdir yang telah disebutkan dalam kitab kitab para ulama; Al-Khalqu, Al-Masyi’ah, Al-Ilmu, dan Al-Kitabah (penyebutan secara acak, adapun urut-urutnya silahkan merujuk kepada kitab terkait).

Berapa kali disebutkan dalam hadits tentang doa yang memuat keutamaan doa (kekuatan doa dalam Islam). Tahukah Anda kisah nyata kekuatan doa yang pernah Anda dengar sendiri? Share ke kolom komen yah. Doa dan takdir dua hal yang terkait. Iman kepada takdir membuahkan takwa. So, ada doa dan ada takdir.