Daurah Fiqih Muamalah eps. 05 – Batasan-Batasan Fiqih dalam Akad Gharar – Syaikh Prof.Dr. Sulaiman Ar-Ruhaili

Jumat, 26 April, pukul 10.15 WIB

Dosa Riba makin menghantui semua orang yang pernah bergelut dengannya? Bahaya riba bisa dirasakan saat ini atau nanti. Riba adalah tambahan yang melenakan pelakunya. Riba dalam pandangan ISLAM termasuk hal yang harus diperangi, sebab ia biang keladi terhadap setiap hal yang bermula dari pinjaman yang berbunga. Sudah terlalu sering disebutkan hadits tentang riba di mana-mana, khususnya riba dalam jual beli.

Ayat Riba Al Baqarah (baca: Surat Al-Baqarah) bahwa pelakunya kelak dibangkitkan laksana orang yang kesurupan. Pemateri menelisik cara membersihkan harta riba dan cara mengatasi hutang riba yang makin mendera. Hukum riba dalam Islam adalah haram mutlak. Dasar hukum riba ialah Al Quran dan Hadits Rasulullah. Selain riba, ada gharar yang senantiasa harus diingatkan. Gharar adalah tipudaya dalam jual beli. Hukum penipuan termasuk dilarang agama. Masuk di sini hadits tentang berbohong.

Pada sesi Daurah Fiqih Muamalah Batasan Batasan Fiqih dalam Akad Gharar ini Syaikh Sulaiman Ar Ruhaili mendefinisikan hukum riba bagi peminjam dan mengurai kembali apa yang dimaksud dengan pengertian muamalah pada bab-bab sebelumnya. Mengenal ciri orang zalim berikut contoh zalim dalam bab ini, saling terkait antara satu dengan yang lainnya. Contoh riba ada di hadapan mata Anda, mari kita berjuang bersama memberantas gharar dalam akad jual beli. Semoga.