Macam-macam Riya’ – Ustadz Ali Ahmad – 5 Menit yang Menginspirasi

Kajian full: https://youtu.be/Q1blpnVSxyo

Dalam video 5 menit yang menginspirasi kali ini Ustadz Ali Ahmad Hafidzhahullah menjelaskan tentang macam-macam riya’ dan berkaitan dengan riya’ dalam beribadah, riya dalam ibadah, bahaya riya dalam beribadah, cara agar tidak riya dalam beribadah, cara menghilangkan sifat riya dalam beribadah, hukum riya dalam beribadah, cara menghindari riya dalam beribadah, cara menghindari sifat riya dalam beribadah. Yuk simak penejelasan selengkapnya dalam video berikut.

Yang dimaksud riya’ adalah melakukan suatu amalan agar orang lain bisa melihatnya kemudian memuji dirinya. Termasuk ke dalam riya’ yaitu sum’ah, yakni melakukan suatu amalan agar orang lain mendengar apa yang kita lakukan, sehinga pujian dan ketenaran pun datang tenar. Riya’ dan semua derivatnya merupakan perbuatan dosa dan merupakan sifat orang-orang munafik.

Riya adalah melakukan suatu perkara karena ingin dilihat oleh orang lain, seperti memperbanyak shalat dengan keinginan agar dipandang sebagai ahli ibadah, atau banyak bersedekah agar menjadi buah bibir masyarakat sebagai dermawan, atau haji dan umrah agar dipanggil ini dan itu.