Salah Baca Doa Sujud ketika Ruku ( Bacaan Doa Ruku dan Sujud ) – Poster Dakwah Yufid TV

Bacaan setelah sujud dan bacaan ketika ruku ada beberapa macam. Dan bacaan ketika rukuk dan sujud tersebut sebagian agak mirip. Diantara doa ketika rukuk adalah “subhaana robbiyal ‘azhiim” sedangkan bacaan doa ketika sujud “subhaana robbiyal a’laa”. Antara bacaan doa ruku dan bacaan doa sujud ini hanya beda satu kata di bagian akhirnya. Bagaimana jika kita salah baca doa sujud ketika ruku ? Atau sebaliknya, ketika ruku yang seharusnya baca bacaan ruku tapi lupa membaca bacaan sujud ?

Lupa dalam membaca doa ketika ruku dan sujud dibedakan menjadi 2 keadaan. Misalnya ketika sujud. Pertama, ingat salah baca doa sebelum bangkit dari sujud kemudian mengulangi dengan membaca bacaan ketika sujud yang benar. Kedua, baru ingat setelah bangkit dari sujud. Untuk kasus pertama, dia tidak wajib sujud sahwi karena tidak meninggalkan yang wajib. Tapi tetap dianjurkan sujud sahwi karena membaca bacaan setelah ruku ( doa setelah ruku ) tidak pada tempatnya. Adapun kasus kedua, maka dia wajib sujud sahwi karena meninggalkan yang wajib.

Itu kasus keliru dalam membaca bacaan ruku dan sujud ketika sholat sendirian. bagaimana jika keliru dalam bacaan rukuk dan sujud ketika menjadi makmum? Simak jawabannya dalam video Poster Dakwah kali ini.