Kajian Asmaul Husna Membahas Nama-Nama Allah yang baik, Nama Allah Ath-Thoyyib dan Makna Ath-Thoyyib Bagain 1 – Ustadz Abdullah Zaen, Lc., MA

Nama Allah AthThoyyib tidak ditemukan dalam Al Quran namun disebutkan dalam hadits oleh Rasulullah.

HR Muslim,
dari abu huroiroh, Rasulullah bersabda:
Sesungguhnya Allah Maha Baik dan Allah tidak menerima kecuali yang baik-baik saja. Sesungguhnya Allah itu memerintahkan kaum muminin sebagaimana perintah yang disampaikan pada para Rasul. Allah berfirman:

“Wahai para Rasul makanlah yang baik-baik dan beramal sholehlah…” Al Mu’minun 51

Allah juga berfirman:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ كُلُواْ مِن طَيِّبَٰتِ مَا رَزَقۡنَٰكُمۡ وَٱشۡكُرُواْ لِلَّهِ إِن كُنتُمۡ إِيَّاهُ تَعۡبُدُونَ

Wahai orang-orang yang beriman! Makanlah dari rezeki yang baik yang Kami berikan kepada kamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika kamu hanya menyembah kepada-Nya.

-Sura Al-Baqarah, Ayah 172

Dikisahkan ada seseorang yang dalam perjalanan jauh, rambutnya kusut dan tubuhnya berdebu. Dia. mengangkat kedua tangannya kelangit dan berkata Ya Robbi, Ya Robbi… Sayangnya orang ini makanannya haram, minumannya haram dan pakaiannya haram dan diasupi perutnya dengan makanan haram. Maka bagaimana mungkin orang yang seperti ini doanya dikabulkan.

Arti dari Nama Allah yang baik yaitu Ath-Thoyyib,
Ath-Thoyyib dalam sifat Allah artinya yang terhindar dari segala jenis kekurangan. Dan Ath-Thoyyib semakna dengan nama Allah Al quddus Yang Maha Suci.

Ath-Thoyyib makna asalnya bersih, suci dan terhindar dari sesuatu yang kotor. Allah itu baik bahkan Maha Baik, seluruh perbuatan Allah dan yang ditakdirkan Allah itu baik. Dan sifat-sifat Allah adalah yang terbaik. Dan nama-nama Allah adalah yang terbaik. Dan tidak akan muncul dari Allah kecuali sesuatu yang baik.

Dan tidak akan diangkat kepada Allah kecuali yang baik-baik. Contoh amal sholeh. Dan tidak akan dekat kepada Allah kecuali orang-orang yang baik.

kebaikan semua milik Allah dan kembalinya kepada Allah.

Pemateri: Abdullah Zaen, Lc., MA