Kewajiban Menutup Aurat: Batasan Aurat Laki Laki dan Perempuan yang Masih Kecil – Poster Dakwah

Perintah menutup aurat disebutkan dalam banyak dalil menutup aurat, baik berupa ayat tentang menutup aurat maupun hadits menutup aurat. Terdapat perbedaan antara batas aurat laki laki dan perempuan. Dalam sebuah hadis menutup aurat disebutkan bahwa batas aurat wanita adalah seluruh badannya kecuali muka dan telapak tangan. Adapun batas aurat laki laki adalah dari pusar dampai lutut.

Bagaimana dengan batasan aurat laki laki dan batasan aurat wanita yang masih kecil atau anak anak? Tidak ada dalil khusus mengenai batas aurat anak kecil baik batasan aurat anak perempuan maupun batasan aurat anak laki laki. Namun ada hadits yang dijadikan acuan para Ulama dalam menentukan batasan aurat perempuan dan laki laki yang masih anak anak. Para ulama merinci batas aurat anak kecil berdasarkan usia mereka. Ulama Hambali menyimpulkan bahwa batasan umur menutup aurat bagi anak anak adalah umur 7 tahun. Batasan menutup aurat bagi anak usia 7 sampai 10 tahun adalah aurat besar (kemaluan depan dan belakang) untuk laki laki dan antara pusar sampai lutut untuk perempuan. Adapun batas aurat perempuan dan laki laki usia 10 tahun ke atas adalah sama dengan batas aurat laki laki dan perempuan dewasa.

Terakhir, perlu diketahui bahwasanya aurat anak merupakan tanggung jawab orang tuanya. Oleh karena itu wajib bagi orang tua untuk mengetahui batas aurat laki laki dan batas aurat perempuan. Simak penjelasan lengkap tentang batasan aurat laki laki dan perempuan yang masih anak anak dalam video Poster Dakwah Yufid TV kali ini. Semoga bermanfaat.