Konsep Pendidikan Islam: Ibu adalah Madrasah bagi Anak anaknya – Ustadz Dr. Sofyan BAswedan, Lc.M.A.

Konsep pendidikan Islam yang sekarang dilupakan oleh sebagian orang pendidikan orang tua memiliki peranan penting keberhasilan pendidikan seorang anak. Konsep pendidikan islam menurut al-quran dan al hadits banyak dijelaskan oleh para ulama dalam buku-buku mereka, dan salah satu bagian penting adalah adalah ibu adalah madrasah bagi anak-anaknya. Pendidikan orang tua terhadap anak hendaknya dimulai sejak dini, bahkan sejak memilih calon ibu bagi anak-anaknya kelak seorang laki-laki yang hendaknya memperhatikan calon ibu yang baik karena ibu adalah madrasah pertama untuk anak anaknya kelak di kemudian hari.

Dalam hadits tentang ibu adalah madrasah pertama bagi anak-anaknya, disebutkan tentang kisah Umar bin Khathab yang mendapat keluhan dari salah seorang rakyatnya tentang anaknya yang durhaka, disana disebutkan tentang salah satu hak anak adalah mendapatkan calon ibu yang baik dan hal tersebut merupakan kewajiban seorang laki-laki dalam memilih seorang ibu untuk calon anak-anaknya.

Konsep pendidikan islam adalah mengimplementasikan nilai-nilai keislaman dalam pendidikan, dan salah satu komponen dalam pendidikan Islam adalah pendidikan tentang akhlak, dan didikan orang tua penentu akhlak anak bahkan
didikan orang tua melebihi warisan apapun bagi seorang anak sehingga hendaknya orang tua dalam mendidik anak-anaknya sejalan dengan syariat agama Islam yang mulia ini.