Tafsir Al Quran Tafsir Surat Al Qiyamah – Ustadz Dr. Firanda Andirja, M.A

Tafsir Al Quran merupakan penjelasan yang terbaik yang semestinya untuk sering-sering dikaji oleh kaum muslimin di manapun mereka berada. Kali ini, kami haturkan tafsir Surat Al Qiyamah yang masih termasuk juz 29 dan dimasukkan dalam golongan surat Makkiyah. Mari kita mengenal hari Kiamat. Hari Kiamat adalah hari di mana akhir dunia tiba yang dimulai dengan ditiupnya Sangkakala oleh Malaikat yang ditunjuk. Sebelum jauh masuk ke dalam isi Surat Makkiyah. Pemateri berusaha memahamkan makna dari ayat Makiyah dan Madaniyah, agar tidak terjadi salah paham di dalam memahami keduanya.

Serentetan peristiwa setelah hari Kiamat akan diulas di sini … ada bumi dan langit yang diganti dan sekian pemandangan atau gambaran hari Kiamat besar yang mengguncang jiwa! Mari kita memasuki tanda tanda hari Kiamat secara umum, sebelum masuk ke dalam tanda tanda hari Kiamat secara khusus. Hari Kiamat menurut Al Quran disebutkan bahwa barangsiapa yang ingin kuat berdiri di hari Kiamat, maka ia perbanyak berdiri untuk shalat saat di dunia. Ketahuilah … hari Kiamat dalam Islam benar-benar akan terjadi dan di awal-awal ayat terdapat penekanan terdapat bantahan bagi mereka yang mengingkari adanya hari Kiamat.

Di dalam hadits disebutkan tanda hari Kiamat yang sudah terjadi, salah satunya ialah diutusnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu terbelahnya bulan, dan lain sebagiannya dari nash-nash hadits yang ma’ruf. Dalam video ini terdapat tanda tanda Kiamat besar dan penjelasannya secara runtut dan benar. Lengkap pula dengan bahasan cara beriman kepada hari Akhir yang disampaikan secara apik oleh Fadhilatul Ustadz Firanda Andirja hafizahullah yang mana beliau menjelaskan terkait fitnah Dajjal yang fitnahnya mengguncang dunia dan tanda selanjutnya berupa munculnya Imam Mahdi. Imam Mahdi adalah seseorang yang Allah perbaiki keadaannya dalam satu malam, ia bernama Muhammad bin Abdillah sebagaimana dijelaskan dalam banyak riwayat. Dan simakpula kedetailan hadits ulama tentang akhir zaman yang terus berubah berangsur angsur menuju kejelekan. Tidaklah datang suatu masa, melainkan masa setelahnya lebih jelek dari masa sebelumnya. Inilah tanda Kiamat yang patut Anda ketahui dan imani. Barakallahu fikum.