Keutamaan Anak Perempuan – Ustadz Dr. Sofyan Baswedan, Lc., M.A. – 5 Menit yang Menginspirasi

Keutamaan anak perempuan yang disebutkan di dalam hadits dalam rangka membuktikan bahwa Islam memuliakan mereka. Hadits tentang keutamaan memiliki anak perempuan memotong urat nadi kaum jahiliyah yang mengklaim bahwa kehadiran anak perempuan di sisinya laksana aib yang berat. Alhasil, ada di antara mereka yang mengubur hidup-hidup bayi perempuannya! Dalam tema ini … kaum muslimin diingatkan akan keutamaan mendidik anak perempuan, yang mana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melambangkan dengan dua jari, saking dekatnya.

Anak perempuan dalam Islam mempunyai hak yang besar, saat orang tua mendidik anak perempuan dalam Islam, maka ia tengah menggali makna dari keutamaan anak perempuan dalam Islam. Kematian dua anak perempuan menjadi sebab utama bagi seseorang agar terhalang atau menjadi penghalang masuk Neraka baginya. Di sisi lain, memang ada hadits yang menyebutkan terkait mayoritas penduduk Neraka ialah kaum perempuan. Al Ustadz Sofyan Baswedan hafizahullah menjelaskan kedudukan anak perempuan dan kedekatan Rasulullah atasnya bagi yang berminat menjaga mereka. Sungguh, kedudukan wanita dalam Islam menempati posisi yang mulia.

Dalam video ini terdapat isyarat yakni bagaimana cara menjadi guru yang baik, khususnya bagi para akhawat; bagaimana cara menjadi murobbiyah? Karena beda mudarris dengan murobbi. Disebutkan pula tentang ciri wanita shalehah yang dapat disandang oleh para wanita. Dan sedikit banyak, video ini mengambil faidah dari hadits tentang wanita. Dan paling terdepannya ialah mengamalkan hadits tentang kemuliaan wanita. Jadilah pendidik yang berada di atas jalan Rabbani.