Jeda: Riba – Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A. – Jeda Yufid TV

Apa itu Riba? Riba adalah Salah satu dosa besar yang banyak terjadi di tengah masyarakat. Menurut para Ahli Fiqih Riba adalah memberi tambahan pada hal-hal yang khusus, definisi lain riba adalah tambahan khusus yang dimiliki oleh salah satu pelaku akad tanpa ada penyeimbang.

Riba merupakan hal yang begitu kompleks sehingga banyak masyarakat yang terjerumus dalam riba namun tidak tahu kalau itu riba, inilah bahaya riba. Dosa riba merupakan dosa besar yang bertingkat-tingkat yang seringan-ringannya sebesar dosa berzina dengan ibu kandung, Allahul mustaan.

Dalil tentang hukum riba sangat banyak baik yang berasal dari al Qur’an dan Hadits Shahih. Berikut beberapa ayat tentang riba dan hadits tentang riba yang secara jelas menerangkan buruknya riba dalam pandangan Islam.

Allah Ta’ala berfirman,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَذَرُوا مَا بَقِيَ مِنَ الرِّبَا إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan tinggalkan sisa riba (yang belum dipungut) jika kamu orang-orang yang beriman.” [Al-Baqarah/2: 278]

Allah Ta’ala juga berfirman:

وَأَحَلَّ اللَّهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَا

“…Padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba…” [Al-Baqarah/2: 275]

Dalam ayat lain Allah Ta’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَأْكُلُوا الرِّبَا

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba…” [Ali ‘Imran/3: 130]

Dalam hadits yang sudah disepakati keshahihannya dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِجْتَنِبُوا السَّبْعَ الْمُوْبِقَاتِ! وَذَكَرَ مِنْهُنَّ: آكِلَ الرِّبَا.

“Jauhilah tujuh perkara yang membawa kehancuran,” dan beliau menyebutkan di antaranya, “Memakan riba.”

Dalam video jeda Yufid TV kali ini Ustadz Syafiq Riza Basalamah hafizhahullah menjelaskan tentang dosa riba. Yuk langsung saja simak penjelasan selengkapnya dalam video berikut.