Ceramah Agama: Ilmu Perbintangan yang Terlarang – Ustadz Lalu Ahmad Yani, Lc.

Ilmu perbintangan (ilmu nujum) sudah dikenal sejak dahulu. Ilmu bintang ini terbagi menjadi dua yaitu ilmu astronomi (ilmu Tasyir) dan ilmu astrologi (ilmu Ta’tsir). Ilmu astronomi adalah cabang ilmu alam yang melibatkan pengamatan benda-benda langit dan berbagai fenomena yang terjadi di luar atmosfer bumi sebagai media mengenal arah.

Ilmu tersebut hukumnya mubah sehingga banyak yang mempelajarinya dan menjadi ahli astronomi, sedangkan ilmu astrologi adalah ilmu yang mempelajari gerakan benda-benda langit terutama matahari, bulan, planet, dan gugus bintang untuk diterjemahkan dengan kenyataan yang ada di bumi dan pengaruhnya terhadap takdir masa depan.

Di antara hal yang berkaitan dengan ilmu astrologi adalah ramalan bintang hari ini. Ilmu astrologi ini melahirkan istilah zodiak bintang, tanggal bintang zodiak, urutan bintang zodiak, dan rasi bintang zodiak yang katanya bisa menebak karakter dan meramal masa depan.

Tentu ini tidak benar. Jika kita yakin dengan hal itu, maka kita bisa terjerumus dalam kesyirikan. Jangan sampai kita percaya dengan 12 bintang zodiak yang terdapat dalam tabloid bintang zodiak.

Selain itu, termasuk contoh syirik besar (contoh syirik akbar) yaitu percaya bahwa keadaan bintang, planet, dan benda angkasa lainnya sebagai faktor yang berpengaruh mutlak atas peristiwa-peristiwa bumi -dengan tidak membedakan baik karena kekuatan internalnya maupun atas izin Allah-.

Dalam video ceramah agama Islam kali ini Ustadz Lalu Ahmad Yani hafizhahullah menjelaskan tentang ilmu perbintangan yang terlarang. Yuk langsung saja simak penjelasan selengkapnya dalam video berikut.