Akidah Islamiyah Bersifat Ghaib dan Universal – Ustadz Ahmad Firdaus, Lc. – Ceramah Agama

Aqidah secara bahasa berasal dari kata ‘aqd yang berarti mempererat, mengokohkan, dan mengikat dengan kuat. Secara istilah aqidah adalah keyakinan yang kuat yang tidak dimasuki oleh keraguan. Dengan demikian, aqidah Islam berarti keimanan yang kuat kepada Allah Ta’ala dengan melaksanakan kewajiban berupa tauhid dan taat kepada-Nya, demikian juga beriman kepada malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, para rasul-Nya, hari akhir, dan beriman kepada qadar serta mengimani semua yang sudah shahih tentang prinsip-prinsip agama (ushuluddin), perkara-perkara yang ghaib, berita yang disebutkan dalam Alquran maupun sunah baik ‘ilmiyyah (sebagai pengetahuan yang harus diyakini) maupun ‘amaliyyah (pengetahuan yang harus diamalkan).

Nama Lain Aqidah Islam
Nama lain aqidah Islam menurut Ahlussunnah di antaranya adalah al i’tiqad, al ‘aqaa’id, at tauhid, sunah, ushuluddin, ushuluddiyaanah, al fiqhul akbar dan asy syarii’ah. Inilah beberapa nama yang paling terkenal di kalangan Ahlussunnah. Adapun penamaan aqidah Islam dengan ilmu kalam, filsafat, tashawwuf, dan teologi tidaklah dibenarkan, karena perbedaan yang mencolok dalam ilmu-ilmu tersebut dengan aqidah Islam. Dalam ilmu kalam dan filsafat, misalnya, yang dijadikan sandaran adalah akal bukan wahyu.

Sedangkan dalam ilmu tashawwuf di antara sandarannya adalah kasyf (adanya penyingkapan tabir rahasia sesuatu yang ghaib). Adapun yang dijadikan sandaran dalam aqidah Islam adalah Alquran, sunah yang shahih, dan ijma’ salafush shalih (generasi pertama Islam).

Di samping itu, jika akal dijadikan sandaran untuk menetapkan aqidah hasilnya hanyalah zhann (perkiraan) yang bisa benar dan bisa salah karena keterbatasannya dan tidak mampu menjangkau yang ghaib. Lalu bagaimana jika perkiraannya salah, maka sama saja ia telah berkata tentang Allah Ta’ala tanpa ilmu, dan yang demikian merupakan dosa yang sangat besar. Allah Ta’ala berfirman:

“……dan (mengharamkan) mengada-ada terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui.” (QS. Al A’raaf: 33)

Oleh karena itu, prinsip kita dalam masalah aqidah adalah tauqifiyyah (diam menunggu dalil).

Dalam video ceramah agama Islam kali ini Ustadz Ahmad Firdaus hafizhahullah menjelaskan tentang akidah islamiyah bersifat ghaib dan universal. Yuk langsung saja simak penjelasan selengkapnya dalam video berikut.