Ceramah Motivasi Islam – Etos Kerja – Ustadz Abdullah Zaen, Lc., MA.

Bekerja bisa jadi ibadah jika tiga syarat ini terpenuhi secara benar maka akan bernilai ibadah dan jika berkurang salah satunya maka berkurang pula nilai ibadah, tiga syarat tersebut adalah:

1. Jenis pekerjaannya.
Walaupun niatnya ibadah kalau jenis pekerjaannya haram maka tidak jadi bernilai ibadah. Contohnya korupsi adalah pekerjaan yang haram walaupun niatnya bagus untuk menafkahi keluarganya. Pekerjaan yang haram dalam kondisi terdesakpun tidak boleh. Apalagi dalam kondisi tidak terdesak.

2. Niat saat bekerja.
Amalah itu tergantung niatnya. sebuah pekerjaan yang halal jika niatnya mulia maka akan bernilai ibadah. Berniat untuk memberi nafkah kepada keluarga maka akan bernilai ibadah dan mendatangkan pahala.

3. Bagaimana cara bekerjanya.
Tidak cukup kita sekedar bekerja di tempat yang halal tapi bagaimana cara bekerja juga berpengaruh. Allah cinta kepada seorang hamba yang mengerjakan sesuatu sebaik mungkin. Contoh sebaik mungkin adalah waktu masuk dan waktu pulang kerja.

Maka tiga syarat ini adalah yang menjadikan kerja kita insya Allah berpahala. Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala memberikan keistiqomahan kepada kita untuk mengamalkannya.