Bolehkah Berhutang untuk Qurban? – Poster Dakwah Yufid TV

Jika kita termasuk orang yang mampu maka hendaknya tidak meninggalkan ibadah qurban. Karena semua kelapangan dan nikmat yang kita rasakan adalah dari Allah subhanahu wata’alaa. Dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengancam orang-orang yang mampu namun tidak mau berqurban.

InsyaAllah dalam video kali ini membahas hukum berhutang untuk qurban. Menyembelih hewan qurban merupakan salah satu bentuk menghidupkan sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Sasaran perintah qurban atau perintah menyembelih hewan qurban adalah orang yang mampu berkurban berdasarkan hadits ancaman bagi yang tidak mau berkurban sedangkan ia mampu melaksanakannya. Namun orang yang tidak mampu kurban pun ingin berqurban meskipun qurban hutang (membeli hewan qurban dengan uang pinjaman) padahal ia tidak termasuk sasaran perintah kurban karena tidak mampu.

Hukum hutang qurban dengan uang hutang ( qurban hasil hutang ) adalah boleh dengan catatan jika dia memiliki penghasilan dan memungkinkan untuk melunasi utangnya. Namun kurban pakai uang hutang hendaknya dihindari apabila dia tidak berpenghasilan atau sudah punya banyak utang sehingga sebaiknya tidak menambah beban utangnya (untuk kasus ini kurban atau bayar hutang dulu maka jawabannya adalah bayar hutang dulu). Akan tetapi apabila di masyarakat kegiatan qurban ini tidak digalakkan karena mungkin rata-rata mereka tidak mampu atau terlalu pelit sehingga keberatan untuk berqurban maka kurban dengan hutang tidak mengapa demi menghidupkan sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam (hukum hutang untuk qurban pada kasus seperti ini adalah dianjurkan).

wallahu a’lam..

Semoga Allah menganugerahkan kepada kita ilmu yang bermanfaat, keistiqomahan dalam beramal sholeh. aamiin..

Simak juga video- video kajian yufid tv dan ceramah singkat yufid tv bermanfaat lainnya dari chanel yufid tv youtube dan jangan lupa SUBSCRIBE agar memperoleh update video yufid tv terbaru. SHARE kepada keluarga, kerabat, saudara, dan kawan Anda agar makin banyak yang tahu tentang Islam. Jazaakumullahu khairan

#qurbanhutang #hutangkurban #yufid

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_c…
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv
*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BNI SYARIAH
0381.346.658
a.n. YUFID NETWORK YAYASAN

BANK SYARIAH MANDIRI
7086.882.242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK

Paypal: [email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se