Air Musta’mal itu Apa?: Seri 2 Belajar Fiqih Syafi’i (Video 2)

Air merupakan karunia dari Allah subhanahu wata’alaa yang memiliki begitu banyak kegunaan. Selain untuk memenuhi kebutuhan hidup dan urusan dunia, air juga bermanfaat untuk urusan agama, seperti bersuci. Oleh karena itu, sebagai seorang muslim kita harus mengetahui perihal hukum-hukum air.

Pada episode seri sebelumnya telah dijelaskan tentang macam macam air dan pembagiannya dimana pentingnya air merupakan perkara yang diperlukan dalam ibadah. Pembagian air untuk bersuci dalam thaharah telah dijelaskan oleh para ulama dalam kitab-kitab karya mereka yang biasanya dijelaskan di bab awal. Diantaranya adalah tentang macam macam air yang digunakan untuk bersuci, episode sebelumnya telah dijelaskan tentang jenis jenis air dalam Islam yaitu air suci mensucikan atau air mutlak, macam macam air mutlak atau air suci mensucikan contohnya adalah air hujan, air hujan es, air salju, air laut, air sumur, air sungai, dan air yang berasal dari mata air/sumber. Macam macam air suci mensucikan atau air mutlak tersebut dapat digunakan sebagai alat untuk bersuci misalnya untuk berwudhu, mandi besar dan untuk menghilangkan najis.

Dalam episode kali ini dijelaskan tentang air suci tidak mensucikan yaitu air musta’mal, pengertian air musta’mal adalah air kurang dari dua kulah yang telah digunakan untuk thaharah wajib, jenis air musta’mal misalnya: air wudhu basuhan pertama air atau air untuk mandi wajib. Mengenai penjelasan lebih lanjut tentang perincian hukum air musta’mal dapat disimak dalam video. Semoga bermanfaat
*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_c…
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv
*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BNI SYARIAH
0381.346.658
a.n. YUFID NETWORK YAYASAN

BANK SYARIAH MANDIRI
7086.882.242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK

Paypal: [email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se