Kajian Ta’shil: Kitab Tsalatsatul Ushul wa Adillatuha 10 – Ustadz Johan Saputra Halim, M.H.I.

Iman memiliki kedudukan yang tinggi di dalam Islam. Cabang iman yang paling tinggi adalah laa ilaaha illallah. Sedangkan cabang iman yang paling rendah adalah menyingkirkan gangguan dari jalan. Dan rasa malu adalah bagian dari keimanan. Rukun iman ada 6, apa sajakah itu?

Kitab Tsalatsatul Ushul atau yang akrab dikenal di masyarakat dengan nama Al-Ushul Ats-Tsalatsah adalah tulisan dari seorang ulama ahli tauhid, Syaikh Muhammad At-Tamimi rahimahullah yang meninggal pada tahun 1206 H.

Mengenal Syaikh Muhammad At-Tamimi
Beliau adalah salah satu Imam dakwah Tauhid, Syaikhul Islam Abu Ali, Muhammad At-Tamimi rahimahullah. Seorang ulama yang lahir di daerah Al-‘Uyainah KSA pada tahun 1115 H dan wafat di kota Ad-Dir’iyah KSA pada tahun1206 H pada umur 91 tahun. Berkenaan dengan beliau, Syaikh Abdur Razzaq hafizhahullah menyatakan bahwa beliau adalah sosok penasihat yang telah menasihati orang-orang dengan sebesar-besar nasehat, dengan menjelaskan tauhid dan memperingatkan mereka dari menyekutukan Allah ‘Azza wa Jalla (syirik) yang merupakan dosa paling terbesar. Beraneka ragam tulisan beliau -rahimahullah- tentang penjelasan tauhid guna memperingatkan orang-orang dari kesyirikan. Dalam masalah ini, beliau menulis berbagai karya tulis untuk menasihati orang-orang, sekaligus sebagai uzur (bahwa telah menunaikan kewajiban menegakkan hujah di hadapan Allah) dan sebagai peringatan bagi manusia. Dengan demikian, beliau adalah sosok (ulama) penasehat, pengajar, pendidik, pengarah (kebaikan) sekaligus sosok (ulama) yang berpegang teguh dengan Al-Qur`an dan Al-Hadits1.

Nama kitab ini
Kitab ini dikenal luas dengan nama Al-Ushul Ats-Tsalatsah, namun Syaikh Sholeh Alusy-Syaikh hafizhahullaah memperingatkan bahwa sesungguhnya namanya yang benar adalah Tsalatsatul Ushul. Adapun Al-Ushul Ats-Tsalatsah adalah kitab lain, yaitu sebuah kitab yang terdapat di dalam kitab Al-Jaami’ Al-Fariid, hal. 267-270. Di antara para ulama yang menyebut kitab ini dengan nama Tsalatsatul Ushul adalah Syaikh Abdur Rahman bin Qasim rahimahullaah dan Syaikh Muhammad Shaleh Al-‘Utsaimin rahimahullaah ketika memberi judul kitab syarahnya masing-masing.

Tsalatsatul Ushul Karya Besar Syaikh Muhammad At-Tamimi
Kitab ini telah dikenal luas di kalangan ulama sebagai karya syaikh Muhammad At-Tamimi rahimahullaah. Hal ini telah disebutkan oleh para ulama, di antaranya, cucu beliau sendiri, Syaikh Abdur Rahman bin Hasan Alusy-Syaikh rahimahullaa. Kitab ini terdapat dalam kitab Majmu’ muallafat Asy-Syaikh rahimahullaah (kumpulan karya-karya sang Syaikh). Demikian pula terdapat dalam kitab Ad-Durar As-Saniyyah.

#serialpenuntutilmu​ #kitabtsalatsatulushul​ #yufidtvv​

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_c…​
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/​
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/​
Telegram: https://telegram.me/yufidtv​
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv​
*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com​
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BNI SYARIAH
0381.346.658
a.n. YUFID NETWORK YAYASAN

BANK SYARIAH MANDIRI
7086.882.242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK

Paypal: [email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se