Kemana Pujianmu Kau Berikan? – Ustadz Johan Saputra Halim, M.H.I. – Ceramah Singkat

Memuji Allah subhanahu wata’alaa merupakan hal yang harus senantiasa dilakukan oleh seorang hamba. Jangan sampai waktu-waktu kita habis tanpa memujiNya. Dan jangan pula kita salah dalam menujukan pujian kita.

Pujian memanglah indah untuk didengar dan manusia cenderung senang untuk dipuji bahkan banyak yang berusaha bersusah payah melakukan suatu hal hingga mengorbankan nyawa hanya untuk dipuji oleh manusia (Naudzubillah), di sisi lain orang yang memuji terkadang melampaui batas sehingga pujian yang diberikan berdasar dari rasa cinta yang berlebihan. Pada ceramah singkat kali ini Ustadz Johan Saputra Halim hafizhahullah menjelaskan kepada kita tentang kepada siapa seharusnya pujian kita berikan. Tidak lain adalah hanya untuk Allah, pencipta Alam semesta dan segala isinya. Memuji Allah sejatinya telah Allah wajibkan minimal 17 kali dalam sehari hal ini didasari dari lafadz memuji Allah yang terdapat dalam surat Al-Fatihah ayat 2, Allah Subhanahu wata’ala berfirman:

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْ

“Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam,” (Q.S. Al-fatihah, Ayat 2)

Ayat di atas merupakan bagian dari Surat Al Fatihah yang menjadi syarat sah sholat.

Memuji kebesaran Allah tidak terbatas saat kita mendirikan sholat saja, memuji Allah bisa dilakukan kapanpun dan di manapun (selain di tempat yang Allah haramkan) di antaranya memuji Allah di waktu pagi, memuji Allah di waktu sore, memuji Allah ketika melihat ciptaanNya dll. Adapun lafadz memuji Allah bisa dengan kalimat dzikir seperti Subhanallah, Alhamdulillah, Laa ilaha illallaah, Allahuakbar.

Salah satu waktu kita disunnahkan untuk memuji Allah adalah saat kita berdoa. Memuji Allah sebelum berdoa disunnahkan berdasarkan Hadits:

عَنْ فَضَالَةَ بْنِ عُبَيْدٍ قَالَ: بَيْنَا رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَاعِدًا إِذْ دَخَلَ رَجُلٌ فَصَلَّى فَقَالَ: اَللّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَارْحَمْنِيْ، فَقَالَ رَسُوْلَُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَجِلْتَ أَيُّهَا الْمُصَلِّيْ إِذَا صَلَّيْتَ فَقَعَدْتَ فَاحْمَدِاللهَ بِمَا هُوَ أَهْلُهُ وَصَلِّ عَلَيَّ ثُمَّ ادْعُهُ قَالَ ثُمَّ صَلَّى رَجُلٌ آخَرُ بَعْدَ ذَلِكَ فَحَمِدَ اللهَ وَصَلَّى عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّهَا الْمُصَلِّي ادْعُ تُجَبْ.

Dari Fadhalah bin ‘Ubad Radhiyallahu anhu, ia berkata: “Ketika Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam keadaan duduk-duduk, masuklah seorang laki-laki. Orang itu kemudian melaksanakan shalat dan berdo’a: ‘Ya Allah, ampunilah (dosaku) dan berikanlah rahmat-Mu kepadaku.’ Maka, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Engkau telah tergesa-gesa, wahai orang yang tengah berdo’a. Apabila engkau telah selesai melaksanakan shalat lalu engkau duduk berdo’a, maka (terlebih dahulu) pujilah Allah dengan puji-pujian yang layak bagi-Nya dan bershalawatlah kepadaku, kemudian berdo’alah.’ Kemudian datang orang lain, setelah melakukan shalat dia berdo’a dengan terlebih dahulu mengucapkan puji-pujian dan bershalawat kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepadanya, ‘Wahai orang yang tengah berdo’a, berdo’alah kepada Allah niscaya Allah akan mengabulkan do’amu.’”

#pujian #ceramahsingkat #yufidtv

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_c…
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/

Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/

Telegram: https://telegram.me/yufidtv

Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com

*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BNI SYARIAH
0381.346.658
a.n. YUFID NETWORK YAYASAN

BANK SYARIAH MANDIRI
7086.882.242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK

Paypal: [email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se