Tafsir al-Fatihah: Tafsir Surat al-Fatihah Ayat 1 – 7: Tafsir Mudah (Seri 1)

Surat Al Fatihah merupakan surat yang paling sering dibaca oleh seorang muslim. Sebab di dalam shalat, seorang muslim senantiasa membacanya. Namun sudahkah kita mengetahui makna yang terkandung di dalam surat yang agung tersebut? Yuk simak tafsir Surat al-Fatihah ayat 1 – 7 berikut ini.

Merupakan sebuah nikmat yang besar dari Allah Subhanahu wa Ta’ala saat ini kita dapat menyimak berbagai macam materi keagamaan dengan mudah melalui internet, baik berupa video, audio maupun tulisan. Salah satunya adalah kajian tafsir al-quran 30 juz dapat dengan mudah kita dapatkan, tafsir al-Fatihah merupakan salah satu surat yang dapat kita temui dengan mudah, berbagai macam kajian tafsir surah al Fatihah tersebut kita dapat memilih dari berbagai macam pemateri atau ustadz, misalnya ada kajian tafsir al Fatihah ustadz Nuzul Dzikri, tafsir al Fatihah ustadz Firanda, tafsir al fatihah ustadz Dzulqarnain dan tafsir al Fatihah Khalid Basalamah.

Selain itu salah satu program dari Yufid TV menampilkan video-video tafsir alquran terbaik yang dapat Anda simak, kami mulai dengan tafsir surat Al Fatihah ayat 1-7, insyaAllah kedepannya semoga kami dapat membuat video-video tafsir al quran 30 juz untuk pemirsa sekalian.

Dalam video kali ini Yufid TV menampilkan Tafsir al-Muyassar, yaitu tafsir ringkas dan tafsir mudah dari Alquran yang dimulai tafsir quran surat al Fatihah.

Sekilas isi video kali ini, ayat pertama artinya “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang”, tafsir al fatihah ayat 1 menunjukkan penyebutan nama Allah dalam membaca Alquran.

Ayat yang kedua artinya “Segala puji Allah Tuhan Semesta Alam” sedangkan tafsir al-fatihah ayat 2 berarti kita menghadapkan segala pujian kepada Allah Ta’ala karena Allah Ta’ala adalah sumber dari segala kebaikan yang patut dan berhak untuk dipuji dan Rabb artinya Tuhan yang ditaati, yang memiliki, mendidik, dan memelihara alam semesta ini.

Ayat yang ketiga artinya”Maha Pemurah lagi Maha Penyayang” tafsir al fatihah ayat 3 ini merupakan bentuk sanjungan kepada Allah Ta’ala setelah dipuji pada ayat sebelumnya. Sedangkan tafsir al Fatihah ayat 4 adalah bentuk pengagungan kepada Allah Ta’ala sebagai pemilik segala sesuatu di hari kiamat kelak.

Tafsir al Fatihah ayat 5 menunjukkan bentuk persembahan segala jenis ketaatan dan peribadahan hanya kepada Allah Ta’ala.

Ayat yang keenam artinya “Tunjukilah kami jalan yang lurus” tafsir al-Fatihah ayat 6 ini menunjukkan bentuk permohonan agar ditunjukkan oleh Allah jalan yang lurus dan dituntun untuk menuju jalan yang lurus.

Sedangkan tafsir al-fatihah ayat 7 yaitu penjelasan dari jalan yang lurus yaitu jalannya orang yang telah Allah beri nikmat berupa hidayah dari para Nabi dan orang-orang sholeh serta bukan jalannya orang yang dimurkai yaitu Yahudi dan bukan jalannya orang-orang tersesat yaitu Nasrani.

#TadabburQuran #TadabburDaily #TafsirAlFatihah #TafsirQuran

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_c…
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/

Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/

Telegram: https://telegram.me/yufidtv

Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com

*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BNI SYARIAH
0381.346.658
a.n. YUFID NETWORK YAYASAN

BANK SYARIAH MANDIRI
7086.882.242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK

Paypal: [email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se