Bulan Ramadhan: Apa Hukum Pacaran saat Puasa Ramadhan? – Poster Dakwah Yufid TV

Islam memperingatkan kita akan bahaya perkara-perkara yang dapat membinasakan manusia. Di antara sumber kebinasaan seorang hamba adalah perbuatan maksiat dan dosa. Dan salah satu perbuatan dosa yang kerap dianggap biasa oleh manusia yaitu berpacaran.

Alhamdulillah saat ini kita berada di bulan Ramadhan 2021. Dan bulan puasa Ramadhan adalah bulan yang suci dan mulia. Oleh sebab itu seorang muslim harus memuliakan bulan Ramadhan dengan fokus berpuasa dan meninggalkan perbuatan dosa. Zina adalah salah satu contoh perbuatan maksiat. Hukum zina itu terlarang. Bahkan dosa zina adalah dosa yang besar. Sobat Yufid.TV pernah membaca qs Al Isra ayat 32? Di dalam surat Al Isra ayat 32 tersebut terdapat larangan mendekati zina. Dan bahaya zina itu bukan main-main.

Macam macam zina
Macam zina ada banyak. Contoh zina mata, zina hati, zina tangan, zina mata, dan sebagainya. Nah pacaran adalah salah satu bentuk perbuatan yang dapat mengantarkan seseorang kepada zina. Maka jangan terkecoh dengan slogan pacaran Islami sebab hukum berpacaran itu jelas terlarang di dalam Islam.

Hadits tentang larangan pacaran
Hukum pacaran di bulan Ramadhan itu tetap tidak boleh. Apabila di hari-hari biasa saja hukum pacaran adalah terlarang maka bagaimana hukum pacaran ketika puasa Ramadhan? Padahal bulan Ramadhan itu bulan yang mulia.

Dari Abu Hurairah, Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

كُتِبَ عَلَى ابْنِ آدَمَ نَصِيبُهُ مِنَ الزِّنَى مُدْرِكٌ ذَلِكَ لاَ مَحَالَةَ فَالْعَيْنَانِ زِنَاهُمَا النَّظَرُ وَالأُذُنَانِ زِنَاهُمَا الاِسْتِمَاعُ وَاللِّسَانُ زِنَاهُ الْكَلاَمُ وَالْيَدُ زِنَاهَا الْبَطْشُ وَالرِّجْلُ زِنَاهَا الْخُطَا وَالْقَلْبُ يَهْوَى وَيَتَمَنَّى وَيُصَدِّقُ ذَلِكَ الْفَرْجُ وَيُكَذِّبُهُ

“Setiap anak Adam telah ditakdirkan mendapat bagian untuk berzina dan ini suatu yang pasti terjadi, tidak bisa dielakkan. Zina kedua mata adalah dengan melihat. Zina kedua telinga dengan mendengar. Zina lisan adalah dengan berbicara. Zina tangan adalah dengan meraba (menyentuh). Zina kaki adalah dengan melangkah. Zina hati adalah dengan menginginkan dan berangan-angan. Lalu kemaluanlah yang nanti akan membenarkan atau mengingkari yang demikian.” (HR. Muslim no. 6925)

Semoga Allah menganugerahkan kepada kita ilmu yang bermanfaat, keistiqomahan dalam beramal sholeh. aamiin..

Simak juga video- video kajian yufid tv dan ceramah singkat yufid tv bermanfaat lainnya dari chanel yufid tv youtube dan jangan lupa SUBSCRIBE agar memperoleh update video yufid tv terbaru. SHARE kepada keluarga, kerabat, saudara, dan kawan Anda agar makin banyak yang tahu tentang Islam. Jazaakumullahu khairan

#hukumpacaran #puasaRamadhan #yufid

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah LEBIH menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar LEBIH tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_c…
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/

Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/

Telegram: https://telegram.me/yufidtv

Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv

AUDIO KAJIAN
Website: https://kajian.net

Soundcloud: https://soundcloud.com/kajiannet

*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com

*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BNI SYARIAH
0381.346.658
a.n. YUFID NETWORK YAYASAN

BANK SYARIAH MANDIRI
7086.882.242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK

Paypal: [email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se